Rumus Kombinasi Peluang ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, September 13, 2016

Rumus Kombinasi Peluang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Kombinasi Peluang , Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Pernahkah anda mengikuti atau melihat sebuah kuis undian yang mengundi dengan cara menggunakan bola berwarna - warni ??? Dalam kuis tersebut biasanya orang yang bermain dalam kuis memilih satu bola atau beberapa bola dengan warna tertentu dari sekian banyak warna. Ktika orang itu berhasil mengambil bola sesuai dengan apa yang diperintahkan pemandu kuis, maka orang itulah yang menjadi pemenangnya. Namun permainan kuis seperti ini ternyata ada pula dalam ilmu matematika, ilmu tersebut adalah tentang peluang. Namun ada sub materi spesifik yang membahas tentang permainan-permainan seperti itu, yaitu materi "Kombinasi".

Pengertian Kombinasi 

Dalam ilmu matematika peluang, kombinasi adalah "penggabungan objek-objek tanpa memperhatikan urutan tertentu". Jadi kombinasi itu menggabungkan objek-objek namun tanpa memperhatikan urutan, contoh :
kita memiliki tiga objek yaitu objek "a", objek "b", dan objek "c". Nah apabila kita kombinasikan maka menjadi :
abc
Hasil kombinasinya adalah hanya satu yaitu abc. Walaupun masih bisa abc, cba, bca, dan seterusnya, namun dalam kombinasi hanya dihitung satu saja, karena kombinasi tidak memperhitungkan sebuah urutan.

Rumus Kombinasi Peluang

Keterangan :
C =  Kombinasi atau Combinasi
n  = Jumlah banyaknya objek
k  =Jumlah banyaknya objek yang diperintahkan

Contoh soal :
Dari suatu kotak terdapat 20 bola dimana 8 warnanya merah, 7 warnanya putih, dan sisanya berwarna hitam. Jika diambil 2 bola dari kotak tersebut, berapakah banyak cara untuk medapatkan dua warna  merah ?
Jawab :
Dik :
n = 8
k = 2

Dit :
Banyak cara pengambilan dua bola warna merah ???
Maka :

Jadi banyak cara untuk mengambil dua bola berwarna merah adalah 28 cara.

Kesimpulan

Jadi intinya kombinasi itu tidak memperdulikan sebuah urutan, beda dengan permutasi yang mementingkan sebuah urutan contoh :
Dalam permutasi untuk menyusun A, B, dan C ada beberapa cara yaitu :
ABC, BCA, CAB, dan seterusnya
Nah dalam combinasi objek A, B, dan C apabila disusun dengan cara kombinasi hanya akan ada satu cara yaitu ABC saja, karena BCA dengan ABC atau seterusnya itu hanya membolak - balik susunan saja. Jadi dalam kombinasi yang di hitung hanyalah satu yaitu ABC.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Baca juga artikel tentang:
mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇