Rumus Komplemen Peluang ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, September 15, 2016

Rumus Komplemen Peluang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Komplemen Peluang, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan komplemen ?? pernahkah anda mengerjakan sesuatu soal dengan metode menyempurnakan terlebih dahulu??? Secara umum atau secara arti kata komplemen itu adalah menyempurnakan. Menyempurnakan ini artinya membuat sesuatu yang kurang menjadi sempurna. Ktika kita memasak kemudian kita menambah bumbu sebagai penyedap rasa, itu disebut komplemen, ktika kita membuat sebuah gambar kemudian kita mewarnainnya, itu disebut komplemen, dan lain sebagainya. Nah lalu apa hubungannya dengan matematika???? Dalam matematika ada yang namanya komplemen peluang. Apa yang dimaksud dengan komplemen peluang?? Apakah kalian pernah mendengarnya??

Pengertian Komplemen Peluang

Peluang akan suatu kejadian itu adalah kurang dari 100% karena jika nilai peluang adalah 100% maka itu bukan disebut peluang, tapi itu merupakan sebuah kepastian. Artinya peluang bisa saja 90%, 80%, 70%, dan seterusnya.  Nah ktika 90% merupakan sebuah peluang kejadian dan sebuah kepastian adalah 100% maka ada selisih antara peluang kejadian dengan sebuah kepastian yaitu 10%. Lalu jika 90% disebut peluang, 100% disebut kepastian, maka disebut apakan nilai yang 10%?? Nah nilai 10% inilah yang disebut dengan kemplemen, karena jika 90% ditambah dengan 10% maka hasilnya akan menjadi sempurna yaitu menjadi sebuah kepastian yang bernilai 100%. Jadi komplemen peluang adalah "selisih antaran nilai peluang suatu kejadian dengan nilai seluruh kejadian atau kepastian. Dengan ditambah komplemen maka peluang suatu kejadian akan menjadi sebuah kepastian. 

Rumus Komplemen Peluang

Keterangan :
P : Peluang
A : Kejadian A (Lambang suatu kejadian)
c : Komplemen suatu kejadian

Jadi dari rumus di atas ada lambang "P" yang dimana lambang tersebut artinya adalah peluang, lambang tersebut diambil dari huruf depan kata "Peluang". Kemudian ada lambang "A", Lambang "A" adalah melambangkan atau mewakili suatu kejadian, lambang "A" digunakan untuk mempermudah saja. Dan terakhir ada lambang "c", lambang "c" ini merupakan simbol dari suatu kejadian yang dikomplemenkan, simbol "c" ini diambil dari huruf depan kata "complemen". Maka simbol "Ac" dibaca komplemen kejadian A, dan "P(Ac)" dibaca peluang komplemen kejadian A, dan apabila hanya "P(A)" dibaca peluang kejadian A.

Contoh Soal Komplemen Peluang :

Peluang hari ini hujan adalah 25%, tentukan peluang bahwa hari esok tidak hujan!!
Jawab :
Untuk menjawab soal seperti ini yang pertama harus dilakukan adalah menulis dulu hal-hal yang diketahui, dengan tujuan untuk mempermudah pengerjaan kita. Maka :
Peluang hari ini hujan adalah 25 %, maka peluang kejadian A adalah 25 % :
P(A) = 25% = 0,25
Kemudian kita masukan kedalam rumus menjadi :
P(Ac) = 1 - P(A)
P(Ac) = 1 - 0,25
P(Ac) = 0,75
P(Ac) = 75%
Maka peluang bahwa hari esok tidak hujan adalah 75%.

Kesimpulan

Jadi komplemen itu adalah sebuah penyempurna dari suatu peluang, karena nilai peluang itu adalah kurang dari 100%. Komplemen juga bisa disebut kebalikan dari seuatu kejadian. 

Nah segini dulu ya artikel kali ini, mohon maaf apabila ada salah - salah kata
Untuk menambah pengetahuan baca juga artikel tentang :
Akhir kata wassalamualakum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇