Rumus Frekuensi Harapan ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, September 15, 2016

Rumus Frekuensi Harapan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Frekuensi Harapan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Uang Logam Rp.1.000,00 Indonesia
Uang adalah suatu alat untuk melakukan sebuah transaksi. Namun uang logam seperti gambar di atas tidak hanya di gunakan untuk transaksi, akan tetapi bisa digunakan untuk permainan-permainan, seperti permainan sulap, permaianan menebak gambar uang, dan yang lainnya. Ternyta pada permainan-permaian tersebut ada kaitannya dengan ilmu matematika. Ilmu peluang ialah ilmu yang sangat menyenangkan yang membahas akan permaiana-permainan seperti main dadu, main koin, dan lain sebagainya. Peluang adalah materi yang sangat dekat sekali dengan kehudupan yang kita jalani sehari-hari, contohnya dengan peluang kita bisa antisipasi atau memperkirakan sesuatu yang akan terjadi dengan logis. BMKG memperkirakan sebuah cuaca di daerah tertentu tentunya dengan menggunakan ilmu peluang juga yang kemudian dikaitkan dengan tanda tanda tertentu. Seorang pelaut tentunya memprediksikan dahulu akan perjalanannya sebelum ia pergi berlayar, seorang siswa ktika akan menghadapi ulangan diapun memprediksi kan soal apa yang akan keluar. Namun ingatlah jika kita ingin memprediksi sesuatu dengan logika atau logis, gunakan lah selalu ilmu peluang, jangan pernah menggunakan feeling apalagi percaya akan hal yang mistis. Kali ini saya akan berbagi submateri peluang yaitu tentang Rumus Frekuensi Harapan. Rumus frekuensi harapan ini merupakan lanjutan dari materi peluang suatu kejadian, Maka dari itu saya sarankan jika anda belum membaca artikel atau materi tentang peluang suatu kejadian maka baca dahulu artikelnya di link Rumus Peluang Suatu Kejadian

Pengertian Frekuensi Harapan

Frekuensi harapan adalah "banyaknya suatu percobaan dikalikan dengan peluang suatu kejadian". Jadi pada frekuensi harapan ini kita akan menghitung berpa peluang suatu kejadian dengan berkali kali percobaan, atau bisa kita sebut juga sebagai melakukan experiment. Frekuensi harapan ini bisa kalian praktekan secara langsung, misalnya kalian melempar uang logam Rp.1.000,00 sebanyak 100 kali, kemudian kalian hitung berapa banyak sisi gambar nominal uang dan berapa banyak sisi gambar angklung selama seratus kali pelemparan tersebut, nah setelah kalian melakukan hal tersebut maka kalian akan mengetahui berapakah frekuensi harapan untuk kedua sisi pada uang logam Rp.1.000,00. 

Rumus Frekuensi Harapan

Keterangan :
Fh : Frekuensi harapan
P : Peluang
A : Kejadian A (hanya lambang suatu kejadian)
n : Banyaknya suatu percobaan

Dari rumus di atas ada "Fh" adalah sebuah simbol dari Frekuensi harapan yang di ambil dari kata depan "Frekuensi dan harapan". Lambang "P" adalah sebuah simbol yang melambangkan peluang suatu kejadian, logo "P" tersebut diambil dari hurup depan kata "Peluang". Lambang "A" adalah sebuah simbol yang mewakili akan suatu kejadian, lambang "A" tersebut hanya untuk mempermudah saja. Dan Lambang "n" adalah simbol yang melambangkan banyaknya suatu percobaan yang dilakukan, lambang "n" ini dipilih karena lamban "n" merupakan lambang yang sudah umum dalam menentukan sebuah banyak atau nilai tertentu.
Perlu di ingat bahwa :
P(A) = n(A)/n(S)

Contoh soal :
Tiga buah uang logam yang berisi gambar (G) dan angka (A) dilempar bersama-sama sebanyak 80 kali. tentukan harapan munculnya tiga-tiganya angka!!!
Jawab :
Untuk menyusun soal seperti ini pertama kita hitung dulu banyaknya seluruh nilai kejadian, seluruh kejadian kita lambangkan dengan S, maka :
S = {GGG, GGA, GAG, AGG, AAG, AGA, GAA, GGG}
n(S) = 8
Dan untuk yang muncul tiga-tiganya A hanyala satu yaitu {AAA}. maka :
A = {AAA}
n(A) = 1
Dan banyaknya percobaan adalah sebanyak 80 kali maka :
n = 80
Maka :
Fh = P(A) x n
Fh = ( n(A)/n(S) ) x n
Fh = (1/8) x 80
Fh =  10
Jadi harapan munculnya tiga-tiganya angka adalah sebanyak 10 kali.

Kesimpulan

Jadi frekuensi harapan itu adalah suatu frekuensi atau jumlah banyaknya percobaan dikalikan dengan peluang suatu kejadian sehingga menghasilkan banyaknya harapan muncul suatu kejadian tertentu.

Nah segini dulu ya artikel kali ini, mohon maaf apabila ada kesalahan
Untuk menambah pemahaman baca juga artikel tentang :
Akhir kata wassalaumualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇