Penarikan Kesimpulan Logika Matematika Modus Ponen, Modus Tollens, dan Silogisme ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, October 27, 2015

Penarikan Kesimpulan Logika Matematika Modus Ponen, Modus Tollens, dan Silogisme

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Penarikan Kesimpulan Logika Matematika Modus Ponen, Modus Tollens, dan Silogisme, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Penarikan Kesimpulan

Penarikan kesimpulan dalam logika matematika ialah menarik sebuah kesimpulan dengan cara menelaah tiap premis atau pernyataan.

Ada 3 konsep penarikan kesimpulan dalam logika matematika :
  1. Modus Ponen
  2. Modus Tollens
  3. Sillogisme

1. Modus Ponen

Modus ponen ialah konsep penarikan kesimpulan yang dimana apabila "p →q" dan diketahui "p" maka dapat di tarik kesimpulan "q"

Contoh :

p →q : Jika hari ini hujan, maka tanah jadi basah
p       : hari ini hujan

kesimpulan :
q : tanah jadi basah

2, Modus Tollens

Modus tollens ialah konsep penarikan kesimpulan apabila ada pernyataan majemuk "p →q" dan diketahui "~q" maka dapat ditarik kesimpulan "~p"

Contoh :

p →q : Jika hari ini hujan, maka tanah jadi basah
~q     : tanah tidak basah

kesimpulan :
~p : hari ini tidak hujan.

3. Sillogisme

Silogisme adalah konsep penarikan kesimpulan apa bila ada pernyataan "p →q" dan di ketahui "q →r" maka dapat ditarik kesimpulan "p →r"

Contoh :

p →q :Jika hari ini hujan, maka tanah jadi basah
q →r : jika tanah jadi basah, maka tanaman jadi subur

kesimpulan :
p →r : jika hari ini hujan, maka tanaman jadi subur

Nah segini dulu yah materi dari saya mohon maaf jika ada kesalahan
Baca juga artikel tentang :
Klo ada yang mau ditanyakan silahkan langsung komen ajh yah !
asalamualaikum Bye bye......

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇