Tabel Kebenaran Logika Matematika ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, September 10, 2016

Tabel Kebenaran Logika Matematika

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Tabel Kebenaran Logika Matematika, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ktika sesama manusia saling bersosialisasi maka akan terciptalah suatu komunikasi. Komunkasi antar manusia biasa dilakuakan dengan cara berdialog satu sama lain. Ktika manusia berdialog maka mereka harus saling memahami dialog mereka satu sama lain. Di dalam suatu dialog, pasti ada pesan - pesan atau makna tertentu. Makna tersebut biasanya berupa berita atau pengetahuan baru yang dimana harus dicerna dahulu dengan logika terkait benar atau tidaknya berita atau pengetahuan tersebut. Terkait pernyataan tersebut terciptalah ilmu logika matematika, yang dimana dengan logika matematika, kita dapat mengetahui nilai kebenaran suatu pernyataan. Nilai kebenaran tersebut disajikan dalam tabel untuk memahaminya. Ada beberapa tabel dasar kebenaran dari suatu logika matematika, diantaranya :

1. Tabel Kebenaran Ingkaran Atau Negasi

Ingkaran atau negasi adalah suatu kebalikan atau lawan dari suatu pernyataan. Misalkan ada sebuah pernyataan p bernilai benar, maka negasi dari pernyataan p tersebut adalah bernilai salah. Untuk pernyataan negasi diberi simbol "~". Untuk tebel kebenarannya bisa dilihat gambar di bawa ini :
Tabel Kebenaran Ingkaran atau Negasi

 

2. Tabel Kebenaran Konjungsi

Konjungsi merupakan gabungan dari dua pernyataan tunggal dengan menggunakan kata hubung "dan". Simbol dari konjungsi adalah "^". Untuk Lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :
Tabel Kebenaran Konjungsi
Nah tabel kebenaran tersebut pun ada hukumnya, dimana jika nilai kedua pernyataan bernilai benar, maka nilai kebenaran konjungsi kedua pernyataan tersebut pun benar, dan apabila ada salah satu pernyataan yang bernilai salah, maka nilai konjungsi kedua pernyataan tersebut pun bernilai salah.

 

3. Tabel Kebenaran Disjungsi

Disjungsi merupakan gabungan dari dua pernyataa tunggal yang menggunakan kata hubung "atau". Simbol dari disjungsi adalah "CodeCogsEqn (1) ". Untuk tabel kebenarannya perhatikan gambar di bawah ini :
Tabel Kebenaran Disjungsi
Dalam menentukan nilai kebenaran disjungsi pun memiliki aturan yaitu, jika salah satu dari dua pernyataan bernilai benar, maka nilai kebenaran disjungsi dari kedua pernyataan tersebut adalah benar, dan apabila kedua pernyataan tersebut bernilai salah, maka nilai kebenaran disjungsinyapun bernilai salah.

 

4. Tabel Kebenaran Implikasi

Impilakasi ada gabungan dari dua pernyataan tunggal dengan kata hubung "jika, maka". Simbol dari implikasi adalah "→". Untuk tabel kebenarannya perhatikan gambar di bawah ini :
Tabel Kebenaran Implikasi
Untuk atauran menentukan nilai kebenaran dari implikasi adalah, jika nilai pernyataan yang ke-dua dari dua penrnyataan bernilai benar dan jika ke-dua pernyataan bernilai sama baik itu benar ataupun salah, maka nilai kebenaran implikasi adalah benar, dan apabila nilai kedua pernyataan tersebut beda dengan pernyataan ke-duanya bernilai salah, maka nilai kebenaran implikasi dari dua pernyatan tersebut bernilai salah.

 

5. Tabel Kebenaran Biimplikasi

Biimplikasi adalah gabungan dari dua pernyataan tunggal dengan kata hubung "jika dan hanya jika, maka ". Simbol dari biimplikasi adalah "↔". Untuk nilai kebenarannya perhatikan tebel di bawah ini :
Tabel Kebenaran Biimplikasi
Untuk aturan nilai kebenaran biimplikasi adalah, Jika Kedua pernyataan sama, maka nilai kebenaran biimplikasinya adalah benar, dan begitupun sebaliknya jika nilah salah satu dari pernyataan saja bernilai salah maka nilain kebenaran dari biimplikasi dari kedua pernyataan tersebut bernilai salah.

 

6. Tabel Kebenaran Negasi Konjungsi

Untuk tabel kebenaran negasi konjungsi ini dimana berlaku negasi dari p ∧ q equivalen dengan ~p  ∨ ~q. Untuk tabel kebenarannya lihat tabel di bawah :

Tabel Kebenaran Negasi Konjungsi

 

7. Tabel Kebenaran Negasi Disjungsi

Untuk nilai kebenaran disjungsi dimana berlaku negasi dari p ∨ q ekuivale dengan ~p  ∧ ~q. Untuk tabel kebenarannya perhatikanlah tabel di bawah :
Tabel Kebenaran Negasi Disjungsi

 

8. Tabel Kebenaran Negasi Implikasi

Nilai kebenaran negasi implikasi yang dimana negasi dari p→q ekuivalen dengan p∧~q , maka tabel kebenarannya adalah :
Tabel Kebenaran Negasi Implikasi

 

9. Tabel Kebenaran Negasi Biimplikasi

Negasi dari p↔q ekuivalen dengan (p ∧ ~q) ∨ (q ∧ ~p), Maka nilai kebenarannya adalah :
Tabel Kebenaran Negasi Biimplikasi

Kesimpulan 

Jadi untuk menentukan pernyataan bernilai salah atau benar, dalam matematika ada ilmunya yaitu dengan cara menentukan tabel kebenaran.
Keterangan :
Maksud B dan S pada tabel adalah dimana B itu Bernilai benar dan S bernilai salah.
Akhirkata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇