Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, August 13, 2016

Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable

Hay guys !!!!! Apa kabar kalian semua!!!
Di hari yang cerah ini, eh hari yang cerah tuh kan di daerah gua ngga tau di daerah lu, bisa jadi lagi ujan atau malem hari ya :-D. Ya udah lah bodo amat. Kali ini gue bakalan berbagi materi tentang materi matematika yang biasanya paling paling ngga di sukain sama para murid murid yang lagi belajar di bangku SMU :-D. Apa materinya ???? Materi yang paling ngga disukai ada materi tentang Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable. Materi Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable itu dibilang sulit oleh siswa siswi, apalagi yang ngajar materi ini supur duper killer guys. Tapi jangan khawatir guys jika beso kalian bakalan ngadepin materi itu, kalian beruntung banget buka web gua. Karena semua materi yang ada di web gua itu materinya mudah banget buat lu pahami. karena gua nulis pake bahasa gua sendiri alias kagak Copy paste!!!!. Sekian dulu deh basa basi dari gua sebagai penulis. Yu kita lanjut ke materi Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable.
Biasanya kalo gua nulis materi itu slalu gua awali dengan pengertian materi inti gua guys. Materi inti gue tentang Pertidaksamaan Linear Satu Variable.
Pengertian Pertidaksamaan Linear Satu Variable 
Pertidaksamaan Linear Satu Variable itu adalah suatu cara memecahkan masalah dalam ilmu matematika yang menggunakan cara menyamakan tiap elemen yang ada di ruas kanan dan ruas kiri dengan tanda tidak sama dengan. Mungkin kalian baru denger ya pengertian ini???? memang pengertian ini gua tulis menurut pemahaman gua sendiri dan menurut gua matematika itu ngga terlalu mentingin masalah pengertian, karena dalam matematika itu setiap orang punya banyak banget cara cara tapi tujuannya tuh cuman satu dan hasilnya tuh cuman satu guys.
Gmn udah dibaca tentang pengertiannya ?? Klo udah dibaca ayoo kita lanjut ke rumus eh sebenernnya si materi tentang Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable ini tuh ngga punya rumus tapi sebenernya tuh aturan pengerjaan atau cara pengerjaannya. Tapi biar lebih formal bahasanya gua pake nama Rumus Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable.  

Rumus Sistem Pertidaksamaan Linear Satu Variable.
Sebelum maksuk ke cara pengerjaan kalian harus tau dahulu mengenai tanda pertidak samaan yang menghubungkan antara ruas kan dengan ruas kiri yaitu : 
> : Biasa kita sebut dengan tanda lebih besar
< : Biasa kita sebut dengan tanda lebih kecil
> : Biasa kita sebut dengan tanda lebih besar dari sama dengan
< : Biasa kita sebut dengan tanda lebih kecil dari sama dengan

Kita ambil contoh 2x > 6, dan tentukan x nya !!!
Maka cara menyelesaikan soal seperti ini :
1. Kuragi atau bagi kedua ruas dengan angka atau bilangan yang sederhana. Dalam hal seperti di atas karena ruas kanan dan ruas kiri tidak memiliki variable yang sama maka kedua ruas harus di bagi dengan angka atau bilangan yang sama, begitupun jika keadaan sebaliknya. Untuk menyederhanakan ruas kita harus bagi dengan dua karena kedua ruas bisa di bagi dengan dua, dan dua lah yang membagi habis salah satu ruas menjadi satu maka:
2x > 6
2x/2 > 6/2
x >3

2. Karena koefisien dari x sudah satu maka tinggal kita tentukan berapa nilai rill atau berapa angka angka dari xnya. Karena x lebih besar dari sama dengan tiga maka nilai x paling kecil itu adalah tiga, dan nilai terbesarnya adalah dari mulai 3,4,,... dan seterusnya sampai tak terhingga. maka apa bila kita tuliskan secara matematika menjadi :
x ; {3,4,5,..........}

Nah gimana mudah bukan????????
Saya sarankan untuk membaca juga artikel :
Sekian dulu ya materi dari saya. Maaf jika ada salah salah kata dari saya
Akhir kata saya ucapkan wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇