Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, August 13, 2016

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable

Hy guys!!!!!!!!!!! Apa kabar Kalian hari ini??? Semoga kalian semua dalam keadaan selalu sehat walafiat. Sebelumpnya perkenalin dulu nih nama gue paja, gua suka banget sama pelajaran matematika. Dulu ktika sekolah gua slalu ngajarin temen temen gua pelajaran matematika, ya bisa di sebut asisten guru lah :D. Dan perlu kalian tau anehnya temen temen gua tuh lebih seneng di ajarin sama gua dari pada sama gurunya :D. Nah pas gua tanya kenapa sih kalian lebih ngerti di ajarin ama gua ??? tau ngga lu apa jawaban mereka ??? kata mereka masa karena gua ganteng katanya :D, apa hubungannya ya :-D. Hahaha tapi perlu temen temen tau nih ya hal yang pertama kalo kita pengen cepet ngerti sama suatu pelajaran ialah orang yang ngajarin pelajarannya, orangnya baik apa galak, cantik apa ganteng, wangi apa bau :D, dan yang laiinnya deh pokonya. Nah buat kalian yang ngunjungin blog gua di jamin deh kalian bakalan dengan mudah faham tentang materi materi gue. Ouh iyh satu lagi kalo lu ingin hubungin gue atau pengen nanya nanya sama gue pilih ajh menu di atas yang judul hubungi kami, menu itu buat ngehubungin kalian sama e-mail gue. Sekarang udah dulu perkenalan dari gue kita lanjut ke materi Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable.
Tau ngga si temen temen apa itu Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable????. pasti blm tau ya makaanya dateng ke google juga :D, haha bercanda temen temen. Nih gua kasih tau ya :

Pengertian Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable
Sistem persamaan linear dua variable itu ialah suatu sistem penyelesaian matematika yang menghubungkan ruas kiri dan ruas kanan dengan sebuah tanda pertidak samaan yang salah satu ruas atau kedua ruasnya memiliki dua variable.
Nah sebelum kita tahu cara menyelesaikannya Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable kita wajib tahu dulu tentang tanda-tanda pertidaksamaan. Simak ya :
Tanda Pertidaksamaan 
1. Tanda Lebih Besar ( >)
Tanda lebih bisar itu artinya ruas kiri lebih besar dari pada ruas kanan

2. Tanda Lebih Kecil (<)
Tanda lebih kecil itu artinya ruas kiri lebih kecil dari pada ruas kanan

3. Tanda Lebih besar dari Sama Dengan ( > )
Tanda lebih besar dari sama dengan artinya adalah ruas kiri lebih besar dari sama dengan ruas kanan

4. Tanda Lebih Kecil dari Sama Dengan ( < )
Tanda lebih kecil dari sama dengan artinya adalah ruas keri lebih kecil dari sama dengan ruas kanan.

Nah Jika kalian sudah baca dan fahami tentang tanda pertidaksamaan, kita lanut ke cara penyelesaian atau orang orang umum biasanya menyebutnya dengan rumus.

Rumus Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable
Sebenernya Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable itu tidak memiliki rumus, tapi sebenernya hanya cara penyelesaiannya saja. Namun sebelumnya kita harus tau dahulu Bentuk Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable. Bentuknya adalah :
ax + bx = c. artinya a dan b sebagai variable, x sebagai koefisien, dan c konstanta.

Cara penyelesaiannya :
1. Kita lakukan Metode Eliminasi atau pun distribusi terhadap salah satu variable
Karena ini adalah materi tentan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable maka kita harus melakukan metode eliminasi atau distribusi terlebih dahulu. Dan Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Variable biasanya pun pada soalnya suka diketahui dua persamaannya. Contoh :
Tentukan x dan y dari persamaan berikut :
2x + y < 4 (persamaan satu)
x + 2y < 5 (prsamaan dua)
Penyelesaiannya :
Kita lakukan Metode eliminiasi dengan sistem persamaan terlebih dahulu. Karena pada persamaan satu dan persamaan dua tidak ada variable yang jumlahnya sama, maka kita sama kan terlebih dahulu salah satu variable. kita samakan variable yang x :
Persamaan satu kita kalikan dengan satu : 1(2x +y) = 4(1)
Persamaan satu kita kalikan dengan satu : 2(1x +2y) = 5(2)
Kemudian kita kurangi persamaan satu dengan persamaan dua
2x + y = 4
2x + 4y = 10 - 
-3y = -6
-3y/-3 = -6/-3
y = 2. Maka 
y < 2

2. Kemudian kita cari variable terakhir yang belum diketuhia.
Variable yang belum kita ketahui adalah x. Karena kita sudah menumukan niali variable y maka alangkah baiknya kita gunakan metode eliminasi untuk mencari variable x. Kita ambil persamaan satu untuk melakukan metode eliminasi:
2x + y = 4, karena y nya adalah 2 maka :
2x + 2 = 4, Kemudian kita kurangi kedua ruas dengan 2
2x + 2 - 2 = 4 -2
2x = 2, dan terakhir kita bagi kedua ruas dengan 2. maka :
2x/2 = 2/2
x = 1, maka :
x <


Nah segini dulu materi dari saya
Saya sarankan untuk membaca juga artikel :

Akhir kata wassalamualikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇