Buku Besar Akuntansi Keuangan ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, August 14, 2016

Buku Besar Akuntansi Keuangan

Hallo guys apa kabar ????. Oh iyh gue lupa gua ucapin assalamualaikum wr. wb. ya!!:)Selamat datang bagi yang baru ngunjungin blog gua, dan slamat datang kembali buat kalian yang udah berkali-kali dateng ke blog gua bahkan jadi fans dari blog gua. Gua ucapin terima kasih deh buat lu pada :). Oh iyh takutnya ada yang baru nih ngujungin blog gua, gua mau perkenalan diri dulu ya, bentar ajh ko :). Nama gua Muhamad Pajar Sidik, Gua biasa dipanggil jhay sama temen-temen gue, gue sekolah di smk negeri 2 kota sukabumi. Oh iyh dan yang paling penting gua tuh orang sukabumi ya guys, buat para blogger dari sukabumi bisa bikin forum kali ya bareng gua :D. Kali ini gua bakalan berbagi materi tentang Posting Buku Besar Akuntansi Keuangan. Dulu gua paling suka banget sama pelajaran ini. Dulu ktika kita pertama kali belajar materi ini gua kira Buku Besar Akuntansi Keuangan itu buku yang geude, dan parahnya lagi temen gua yang ktika ditanya ama gurunya tentang pengertian Buku Besar Akuntansi Keuangan, eh dia malah nunjukin buku polio coba ke gurunya, hahaha.... kan ngakak bangeta ya. Gua pun sempet kefikiran hal yang sama si karena gua masih awam banget waktu itu, berarti gua sama ngakaknya juga ya :D LOL. Ya udah biar mempersingkat postingan artikel gue, yo kita langsung ajh ke pengertian Buku Besar Akuntansi Keuangan.

Pengertian Buku Besar
Buku Besar dalam ilmu akuntasi adalah " sebuah buku atau sebuah catatan yang berisi kumpulan akun akun yang digunakan untuk meringkas teransaksi yang telah dicatat dalam jurnal ". Proses pencatatan buku besar ini adalah posting, dimana posting itu adalah proses pemindahan catatan dari jurnal ke buku besar. Tentunya proses posting tidak asal pindahkan saja ada aturan-aturan tertentu berkaitan dengan cara pemindahannya. Tapi sebelum saya menjelaskan tentang cara posting buku besar, alangkah baiknya temen-temen tau manfaat dari buku besar ini.

Manfaat atau Fungsi Buku Besar
Manfaat atau fungsi dari buku besar ini adalah "sebagai sebuah laporan saldo akun-akun setelah kita melakukan transaksi-transaksi keuangann yang dicatat kedalam jurnal pada periode tertentu". Jadi intinya Buku besar ini berisi tentang semua saldo akun akun.
Nah gmn sekarag sudah tau kan apa itu buku besar????? jadi ktika teman-teman ditanya apa itu buku besar oleh guru temen-teman sekalian, ingat jangan pernah menjawab bahwa buku besar itu adalah buku polio. Jawaban tersebut sangatlah memalukan teman-teman, tapi sekaligus lucu juga sih temen-temen :D.
Oh iyh dari tadi kan gua cuman jelasin secara tulisan ya, ok nih gua kasih dh contoh dari buku besar :)

Contoh Buku Besar :

No akun :….
Nama Akun :…….
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K





















Nah tabel di atas ialah tabel Buku besar akuntansi,  Pada tabel di atas udah gua kasih pada bagian bagian penting tertentu, yang dimana bakal gua jelasin satu persatu dari warna tersebut.
1. Warna Pink, pada bagian yang gua kasih warna pink itu adalah bagian elemen baris paling atas buat nulis nomor akun, misallnya no akun kas 001, nah maka kita isi no akunnya 001

2. Warna putih. Pada bagian yang gua kasih warna putih ini di pake buat nyatet nama akun. Contohnya sepeti akun kas, perlengkapan, mesin, gedung, dan lain-lain deh pokonya.

3. Warna merah. Pada bagian ini adalah kolom buat nulis tanggal pada saat kita melakukan pemindahan data dari jurnal ke buku besar atau biasa di sebut posting dalam istilah akuntansi. Biasanya tanggal posting itu tiap akhir periode atau akhir bulan seperti 31 desember.

4. Warna kuning, Pada bagian yang gua kasih warna kuning ini adalah kolom yang berisi tentang keterangan kejadian transaksi. Contohnya kya kita beli perlengkapan maka keterangannya adalalah pembelian perlengkapan.

5. Warna hijau, pada bagian yang gua kasih warna haju ini adalah bagian kolom buat ngisi referensi yaitu di isi dengan pada halaman berapa transaksi itu ditulis di jurnal.

6. Warna biru, pada bagian yang gua kasih warna biru ini adalah diisi dengan nominal akun yang judulnya kita tulis di buku besar ini yang di tulis di jurnal yang nominalnya di kolom debet.

7. Warna oranye. Pada bagian warna ini ialah diisi dengan nominal akun yang judulnya kita tulis di buku besar ini yang di tulis di jurnal yang nominalnya di kolom kredit.

8. Warna ungu, nah pada bagian warna terakhir ini adalah di isi dengan saldo dari akun sesuai judul atau nama akun pada buku besar.

Nah gmn udah lumayan ngertikan guysss???????? Kalo udah pada ngerti kita lanjut ke cara mempostingnya guys.

Posting Buku Besar
Posting buku besar adalah memindahkan atau mempos-poskan catatan jurnal ke buku besar. Maka dari saya akan contoh kan teransaksi dan saya akan tulis dulu di jurnal kemudian akan saya posting ke buku besar.
Contoh transaksinya :
Prusahaan membeli peralatan senilai 5 rupiah pada tanggal 5 agustus. maka jurnalnya :
Tanggal 
Keterangan 
Ref
Debet
Kredit
5 agustus
Peralatan

Rp. 5,-


    Kas


Rp. 5,-

(pembelian peralatan)



Nah sekarang kita lakukan posting buku besar :
Karena pencatatan berpengaru terhadap dua akun yaitu akun peralatan dan akun kas maka, kita akan posting kepada dua akun buku besar. Untuk akun kas saya kasih no akun 001 dengan saldo awal 10 rupiah dan akun peralatan no akunnya 004 dengan saldo 0 rupiah. dan jurnal di atas adalah jurnal pada halaman 1.
Awalnya kita masuka dahulu akun, no akun, dan saldonya terlebih dahulu ke buku besar.
No. akun : 001
Nama Akun:Kas
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.10,-
















No. akun : 004
Nama Akun :Peralatan
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.0,-















Nah bisa kalian liat pemindahan tulisan yang saya warnai ya. di mana no akun di isi dengan masing masing no aku yang kita catat di kolom keterangan jurnal. Dan untuk nomor akunnya dan saldonya sudah di tentukan di awal pada soal.
Setelah memasukan saldo maka kita posting transaksi yang di catat di jurnal ke buku besar.
No. akun : 001
Nama Akun:Kas
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.10,-

5
pembelian peralatan
hal.1

Rp.5,-
Rp.5,-









No. akun : 004
Nama Akun : Peralatan
Tgl
Ket
Ref
D
K
Saldo
D
K
1
Saldo

-
-
Rp.0,-

5
pembelian peralatan
hal.1
Rp.5,-

Rp.5,-








Nah ini lah hasil posting dari junal kebuku besar. Untuk cara pemindahannya kalian bisa lihat pada warna yang tertera di jurnal dan buku besar. di mana pada kolom keterangan kita isi dengan keterangan transaksi yang tertera pada jurnal, kemudian untuk kolom tanggal juga  di isi dengan tanggal teransaksi kecuali pada saldo, kemudian kolom ref di isi dengan halaman jurnal, kemudian klom debet dan kredit diisi dengan nominal angka yang ada pada jurnal  kolom debet dan kredit, dan untuk proses pengisian saldo ialah dimana ktika saldo pada buku besar berada pada kolom debet dan pada proses pemostingan transaksi nominalnya dicatat di kredit maka akan mengurangi nilai saldo, begitupun sebaliknya jika saldo pada buku besar berada pada kolom kredit dan pada proses posting transaksi nominalnya di catet di debet maka akan mengurangi saldo pula. Lalu bagaimana jika saldo buku besar berada pada kolom debet, dan pada pemostingan transaksi nominalnya di catat di sebelah debet maka akan menambah saldo akun buku besar tersebut, dan begitupun sebaliknya.
Buat materi selanjutnya bisa klik di link Neraca Saldo Sebelum Penyesuaian.
Nah segini dulu ya postingan artikel dari saya. Mohon maaf kalo ada salah salah kata.
Trimakasih udah berkunjung ya ke blog gue, akhir kata gua ucapin
Untuk menambah pemahaman saya sarankan juga baca langsung di link :
Wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇