Deret Geometri Tak Terhingga Atau Konvergen ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, November 2, 2015

Deret Geometri Tak Terhingga Atau Konvergen

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Deret Geometri Tak Terhingga Atau Konvergen, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Pengertian
Deret geometri tak ter hingga ialah deret geomteri menurun yang tidak memiliki batasan suku.
Deret geometro ini pun bisanya dipakai dalam kehidupan sehari-hari seperti menghitung biasiswa, dan sebagainya.
Contoh deret geometri tak hingga 4,3,2,...,....

Rumus Deret geometri tak terhingga
S= a/1-r
Keterangan :
Soo : Deret geometri tak hingga
a     : Suku pertama 
r     : Rasio : Suku setelah dibagi tepat satu suku sebelum 

Biar kita langsung ngerti kita lanjut ke contoh ok ;)

Contoh : 

Tentukan jumlah dari deret goemetri tak hingga 18 + 6 + 2 + 2/+ .......
Jawab :
Diketahui :
a = 18
r = 6/18 = 1/3

S = a/1-r
      = 18/(1 - 1/3)

      = 18/(2/3)
      = (18/2) x 3
       = 27 

Untuk lebih mehami lagi kita lanjut ke soal cerita :

Contoh :

Sebuah bola pantul dijatuhkan dari ketinggian 6 meter. Setiap kali jatuh, tinggi pantulan bola tersebut sepertiganya dari tinggi sebelumnya. Tentukan jumlah seluruh lintasan bola sampai bola itu berhenti.

Jawab :
Karena yang dimaksud dari lintasan bola seluruhnya itu adalah seluruh pantulan bola ke atas dan pantulan bola ke bawah sampai bela berhenti, maka terdapat dua deret geometri konvergen. Yaitu :
Deret geometri yang pertama ialah seluruh pantulan ke bawah :
a1 = 6
r = 1/3
S∞1 = 6/(1-1/3)
       = 6/(2/3)
       = (6/2) x 3
       = 9

Karena deret Geometri yang kedua ialah panjang seluruh pantulan bola ke atas maka :
a2 = r x a1
    1/3 x 6
     = 6
r = 1/3
S∞2 = 2/(1-1/3)
       = 2/(2/3)
       = (2/2) x 3
       = 3

Maka jumlah seluruh lintasan bola adalah :
S∞1 S∞2 = 9 + 3 = 12


Segini dulu yah postingan dari saya
Mohon maaf jika ada kesalahan
Untuk menambah pemahaman baca juga artikel tentang :
jangan lupa komennya juga yah
Assalamualaikum Bye bye ........

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇