Perbedaan Matematika Murni dan Terapan ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 6, 2017

Perbedaan Matematika Murni dan Terapan

Matematika adalah cabang dari logika yang memberikan suatu kerangka kerja yang sistematis dimana suatu hubungan secara kuantitatif dapat dipelajari.

Matematika Murni

Matematika murni adalah matematika yang sepenuhnya termotivasi lebih pada sebab dan akibat, alasan, berbandingkan sebagai sebuah aplikasi. Dari abad kedelapan belas dan seterusnya merupakan kategori yang diakui bagi kegiatan matematika, kadang-kadang dicirikan sebagai matematika spekulatif, dan terdapat perbedaan adanya kecenderungan lain untuk memenuhi kebutuhan navigasi, astronomi, fisika, teknik, dan seterusnya.

Matematika Terapan

Matematika terapan berkenaan dengan penggunaan alat matematika abstrak guna memecahkan masalah-masalah konkret di dalam ilmu pengetahuan, bisnis, dan wilayah lainnya.

Perbedaan Matematika Murni dan Terapan

Metematika terapan berbeda sekali dengan matematika murni, perbedaannya adalah di dalam matematika murni simbol mewakili konsep yang abstrak di mana sifat-sifat yang dimilikinya ditentukan dengan definisi, sedangkan dalam matematika terapan kebanyakan simbol yang digunakan mewakili variabel yang dapat dilihat dalam kejadian yang nyata.

Jadi pada intinya matematika murni itu matematika yang berkaitan langsung dengan sain, contohnya seperti berkaitan dengan fisika, ilmu navigasi dan lain sebagainya, sedangka matematika terapan adalah matematika yang berkaitan dengan bidang bisni, seperti cara menghitung inflasi, deflasi, keuntungan, dan lain sebagainya

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb. 
Referensi :

  • Wikipedia
  • Matematika untuk Ekonomi dan Bisnis (J. Supranto)

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇