Organisasi Matematika Internasional ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, July 20, 2017

Organisasi Matematika Internasional

1. African Mathematical Union

African Mathematical Union atau Union Mathematique Africaine adalah organisasi Afrika yang didedikasikan untuk pengembangan matematika di Afrika. Didirikan pada tahun 1976 di Rabat, Maroko, pada Kongres Ahli Matematikawan Pan-Afrika pertama dengan Henri Hogbe Nlend sebagai Presiden pertamanya. Tokoh penting lainnya di tahun-tahun awalnya adalah George Saitoti, yang kemudian menjadi politisi Kenya terkemuka.

2. Circolo Matematico di Palermo


Circolo Matematico di Palermo (Mathematical Circle of Palermo) adalah sebuah masyarakat matematika Italia, yang didirikan di Palermo oleh geometer Sisilia Giovanni B. Guccia pada tahun 1884. Ini mulai menerima anggota asing pada tahun 1888, dan pada saat kematian Guccia pada tahun 1914, ini telah menjadi masyarakat matematika internasional terdepan, dengan sekitar seribu anggota. Namun, kemudian sampai saat itu ia menolak pengaruhnya.

3. European Mathematical Society

European Mathematical Society (EMS) adalah organisasi Eropa yang didedikasikan untuk pengembangan matematika di Eropa. Anggotanya berbeda masyarakat matematika di Eropa, institusi akademis dan matematikawan individu. Presiden saat ini adalah Pavel Exner, Direktur Ilmiah Institut Doppler untuk Matematika Matematika dan Matematika Terapan di Praha.

4. Foundations of Computational Mathematics



Yayasan Computational Mathematics (FoCM) adalah sebuah organisasi nirlaba internasional yang mendukung dan mempromosikan penelitian pada antarmuka matematika dan perhitungan. Ini memupuk interaksi antara matematika, ilmu komputer, dan bidang ilmu komputasi lainnya melalui konferensi, acara dan publikasi.

5. International Mathematical Union


International Mathematical Union (IMU) adalah sebuah organisasi non-pemerintah internasional yang mengabdikan diri untuk kerjasama internasional di bidang matematika di seluruh dunia. Ini adalah anggota Dewan Ilmu Pengetahuan Internasional (ICSU) dan mendukung Kongres Internasional Matematikawan. Anggotanya adalah organisasi matematika nasional dari lebih 80 negara.

Tujuan dari International Mathematical Union (IMU) adalah untuk mempromosikan kerja sama internasional dalam matematika. Dengan mendukung dan membantu Kongres Internasional Matematikawan (ICM) dan pertemuan ilmiah / konferensi ilmiah internasional lainnya. Mengakui kontribusi penelitian yang luar biasa terhadap matematika, melalui pemberian hadiah ilmiah dan untuk mendorong dan mendukung kegiatan matematika internasional lainnya, yang dianggap berkontribusi pada pengembangan ilmu matematika dalam aspek apapun, baik yang murni, diterapkan, atau pendidikan.

IMU didirikan pada tahun 1920, namun bubar pada bulan September 1932 dan kemudian mendirikan kembali de facto 1950 secara konstitutif di Konvensi Konstitutif di New York, pada tanggal 10 September 1951, ketika sepuluh negara menjadi anggota. Tonggak terakhir adalah Majelis Umum pada bulan Maret 1952, di Roma, Italia dimana kegiatan IMU yang baru diresmikan dan Komite Eksekutif pertama, Presiden dan berbagai komisi di mana terpilih. Pada tahun 1952 IMU juga diterima kembali oleh ICSU. Presiden Uni masa lalu adalah Ingrid Daubechies (2011-2014). Presiden saat ini adalah Shigefumi Mori yang merupakan kepala kelompok pertama dari Asia.

Pada pertemuan ke-16 Majelis Umum IMU di Bangalore, India, pada bulan Agustus 2010, Berlin dipilih sebagai lokasi kantor permanen IMU, yang dibuka pada tanggal 1 Januari 2011, dan dipandu oleh Weierstrass Institute for Applied Analisis dan Stochastics (WIAS), sebuah lembaga Komunitas Ilmiah Gottfried Wilhelm Leibniz, dengan sekitar 120 ilmuwan terlibat dalam penelitian matematika yang diterapkan pada masalah kompleks di industri dan perdagangan.

6. International Association of Mathematical Physics

Asosiasi Fisika Matematika Internasional (IAMP) didirikan pada tahun 1976 untuk mempromosikan penelitian fisika matematika. Ini menyatukan matematikawan penelitian dan fisikawan teoritis, termasuk siswa. Anggota biasa asosiasi adalah peneliti perorangan, walaupun keanggotaan asosiasi tersedia untuk organisasi dan perusahaan. IAMP diatur oleh komite eksekutif yang dipilih oleh anggota biasa.

Asosiasi tersebut mensponsori Kongres Internasional untuk Matematika Fisika (ICMP), yang berlangsung setiap tiga tahun, dan ini juga mendukung konferensi dan lokakarya yang lebih kecil. Ada buletin berita triwulanan.

IAMP saat ini memberikan penghargaan dua jenis hadiah penelitian dalam matematika matematika pada pertemuan triannualnya, Henri PoincarΓ© Prize (dibuat pada tahun 1997) dan Early Career Award (dibuat pada tahun 2009).

7. International Society for Mathematical Sciences

Masyarakat Internasional untuk Ilmu Matematika adalah sebuah masyarakat matematika, yang berbasis di Jepang. Ini sebelumnya dikenal sebagai Asosiasi Ilmu Matematika Jepang, dan didirikan pada tahun 1948 oleh Tatsujiro Shimizu.

ISMS menerbitkan jurnal ilmiah dua bulanan, Scientiae Mathematicae Japonicae (ISSN 1346-0447), yang dibentuk pada tahun 2001 dari penggabungan dua jurnal yang sebelumnya diterbitkan oleh masyarakat yang sama, Mathematica Japonica, yang didirikan pada tahun 1948, dan Scientiae Mathematicae, yang menerbitkan sembilan Menerbitkan lebih dari tiga jilid pada tahun 1998, 1999, dan 2000. Selain itu, ISMS mengadakan pertemuan tahunan dan menerbitkan majalah matematika bahasa Jepang, Kaiho, dan buletin bulanan, Pemberitahuan dari ISMS.

8. Mathematical Optimization Society

The Mathematical Optimization Society (MOS), yang dikenal sebagai Pemrograman Matematika sampai tahun 2010, adalah asosiasi peneliti internasional yang aktif dalam pengoptimalan. MOS mendorong penelitian, pengembangan, dan penggunaan pengoptimalan-termasuk teori matematika, implementasi perangkat lunak, dan aplikasi praktis (riset operasi).

Didirikan pada tahun 1973, MOS memiliki beberapa kegiatan: Penerbitan jurnal dan newsletter, pengorganisasian dan konferensi cosponsoring, dan pemberian hadiah.

9. Quaternion Society

Sebuah masyarakat ilmiah, Quaternion Society adalah "Asosiasi Internasional untuk Mempromosikan Studi tentang Quaternions and Allied Systems of Mathematics". Puncaknya terdiri dari sekitar 60 matematikawan yang tersebar di seluruh dunia akademis yang bereksperimen dengan quaternions dan sistem bilangan hypercomplex lainnya. Lampu pemandu adalah Alexander Macfarlane yang menjabat sebagai Sekretaris awalnya, dan menjadi Presiden pada tahun 1909. Asosiasi tersebut menerbitkan sebuah Bibliografi pada tahun 1904 dan sebuah Buletin (laporan tahunan) dari tahun 1900 sampai 1913.

Buletin ini menjadi jurnal review untuk topik dalam analisis vektor dan aljabar abstrak seperti teori equipollence. Pekerjaan matematika ditinjau sebagian besar berkaitan dengan matriks dan aljabar linier karena metodenya dalam perkembangan pesat pada saat itu.

10. Society for Industrial and Applied Mathematics

Society for Industrial and Applied Mathematics (SIAM) didirikan oleh sekelompok kecil matematikawan dari akademisi dan industri yang bertemu di Philadelphia pada tahun 1951 untuk memulai sebuah organisasi yang anggotanya akan bertemu secara berkala untuk bertukar gagasan tentang penggunaan matematika di industri. Pertemuan ini mengarah pada organisasi Society for Industrial and Applied Mathematics. Keanggotaan SIAM telah berkembang dari beberapa ratus di awal tahun 1950an menjadi lebih dari 14.000 pada tahun 2013. SIAM mempertahankan pengaruh Amerika Utara, namun juga memiliki bagian Asia Timur, Argentina, Bulgaria, dan Inggris & Irlandia.

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Wikipedia

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini πŸ‘‡