Sudut Saling Bertolak Belakang ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, October 17, 2016

Sudut Saling Bertolak Belakang

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Sudut Saling Bertolak Belakang, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Gambar 1

Pengertian Sudut Saling Bertolak Belakang

Sudut yang saling bertolak belakang adalah dua buah sudut yang saling bertolak belakang dan pasti memiliki sudut yang sama .

Gambar 1 diatas menunjukan dua buah garis yang saling berpotongan, yang saling berpotongan yaitu AB dan CD dan membentuk empat sudut di titik 0. Keempat sudut itu adalah ∠AOC, ∠ BOD, ∠AOD, dengan ∠BOD, dan ∠AOD bertolak belakang dengan ∠BOD. Pada gambar satu juga terlihat bahwa ∠AOC dan ∠AOD membentuk sudut lurus demikian juga ∠BOC dan ∠BOD. Jadi, ∠AOC + ∠AOD = 180° dan ∠AOD + ∠BOD = 180°.
Karena ∠AOC + ∠AOD = 180° dan ∠AOD + ∠BOD = 180°, maka ∠AOC + ∠AOD = ∠AOD + ∠BOD ↔ ∠AOC = ∠BOD. Dengan cara yang sama juga diperoleh ∠AOD = ∠BOC.

Rumus Menentukan Sudut Saling Bertolak Belakang:

∠AOC + ∠AOD = 180°
∠AOD + ∠BOD = 180°
∠AOC = ∠BOD
∠AOD = ∠BOC

Contoh soal Sudut Saling Bertolak Belakang :

Tentukan sudut ∠BOD !!

Penyelesaian soal sudut saling bertolak belakang :

Jawab :
Diketahui :
∠AOC = 35°

Ditanyakan :
∠BOD = ..????

Karena menurut rumus menentukan sudut saling bertolak belakang ∠AOC = ∠BOD, maka :
∠AOC = ∠BOD
 35° = 35°

Jadi ∠BOD adalah 35°

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇