Rumus Rata-Rata (Mean), Median, dan Modus Data Kelompok (Statistik) ~ Matematika Akuntansi -->

Thursday, October 15, 2015

Rumus Rata-Rata (Mean), Median, dan Modus Data Kelompok (Statistik)

Hallo temen-temen??
Pertama-tama gue ucapin trimaskasih ama temen-temen yang udah ngunjungin blog gue. Jujur gue seneng banget kalo ada orang yang berkunjung ke blog gue.
Kembali lagi bersama gue pajar seorang penulis blog ganteng :D.
kli ini gw bakalan nge shere materi tentang Rumus Rata-Rata (Mean), Median, dan Modus Data Kelompok (Statistik).
Dulu gue belajar materi ini di kelas 12 smk ya temen-temen, pelajaran ini cukup gampang ko.
y udah simak ya!!!!!!! 

1. Rumus Rata-Rata Hitung data kelompok (Mean) 
Rumus :

Keterangan :
fi = frekuensi
xi = nilai tengah
Nilai tengah adalah jumlah tepi bawah dan tepi atas di bagi 2
Contoh :
Perhatikan tabel berikut :
dari tabel berikut tentukan rata-rata hitungnya!
Jawab :
x̅ = (Σ fi . xi )/Σ fi 
x̅ = 535/40
x̅ = 13,38

2. Rumus Modus Data Kelompok
Rumus :
Keterangan :
Tb = Tepi bawah kelas modus
d1 = Selisih antara frekuensi modus dengan frekuensi sebelumnya
d2 = selisih antara frekuensi modus dengan frekuensi sesudahnya
c = Panjang kelas

Contoh :
Perhatikan tabel berikut :
tentukan modus dari tabel diatas !
Jaawab :
Tb = 45 -0,5 = 44,5
d1 = 17 - 13  = 4
d2 = 17 - 14  = 3
c = 35 - 30 = 5

Mo = Tb + (d1/(d1 + d2))c
Mo = 44,5 + (4/(3 + 4))5
Mo = 44,5 + 20/7
Mo = 47,35

3. Rumus Median Data Kelompok
rumus :
Keterangan :
Tb = Tepi bawah kelas median
F = Jumlah frekuensi sebelum median
f  = Frekuensi
c = Panjang kelas
n = Jumlah frekuensi

Contoh :
perhatikan tabel di bawah

Tentukan median dari tabel di atas :
Jawab :
Tb = 45 - 0,5 = 44,5
n   = 80
F   = 8 + 10 + 13 = 31
c   = 5
f    = 17

Me = Tb + ( (1/2 n - F)/f )c
Me = Tb + ( (1/2 80 - 31)/17 )5
Me = Tb + ( 9/17 )5  
Me = 47,15
Nah segini dulu yah materi dari saya
asalamualaikum bye bye......

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇