Pengertian Penyusutan, Aktiva, Biaya Perolehan, Nilai Sisa, dan Umur Manfaat ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, January 17, 2017

Pengertian Penyusutan, Aktiva, Biaya Perolehan, Nilai Sisa, dan Umur Manfaat

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Pengertian Penyusutan, Aktiva, Biaya Perolehan, Nilai Sisa, dan Umur Manfaat, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Penyusutan Aktiva

Pengertian Penyusutan

Penyusutan atau depresi adalah "berkurangnya nilai ekonomi suatu aktiva". Berkurangnya nilai tersebut biasanya disebabkan karena aus dipakai atau umur manfaatnya.

Pengertian Aktiva

Aktiva adalah "segala sumber daya ekonomi dari suatu prusahaan yang berupa harta maupun hak-hak yang di miliki berdasarkan kekuatan hukum". Aktiva prusahaan dapat dibedakan menjai dua, yaitu aktiva lancar dan aktiva tetap.
  1. Aktiva lancar adalah "suatu aktiva prusahan yang digunakan untuk membantu kelancaran proses kegiatan operasional prusahaan". Miaslnya uang tunai dan aktiva lain yang secara layak dapat diubah menjadi uang tunai dengan cara dijual atau dipakai habis dalam msiklus operasi prusahaan yang normal.
  2. Aktiva tetap adalah "suatu aktiva prusahaan yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam menyelenggarakan operasi prusahaan". Aktiva tetap ini dibedakan menjadi dua, yaitu aktiva tetap berwujud dan aktiva tetap tidak berwujud.
  • Aktiva tetap berwujud adalah "aktiva tetap yang memiliki bentuk dan sifat", contohnya tanah, gedung bangunan, peralatan, mesin, kendaraan, dan lain-lain.
  • Aktiva tetap tidak berwujud adalah suatu "aktiva tetap tidak memiliki sifat-sifat", tetapi memiliki nilai uang karena hak secara hukum. Contohnya hak paten, hak cipta, copyright, goodwill, dan merek dagang.

Pengertian Biaya Perolehan

Biaya perolehan suatu aktiva adalah "besarnya biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh aktiva tersebut".

Pengertian Nilai Sisa

Nilai sisa atau nilai residu adalah "taksiran nilai aktiva setelah masa manfaat dari aktiva tersebut".

Pengertian Umur Manfaat

Umur manfaat suatu aktiva adalah "perkiraan lamanya suatu aktiva dapat dimanfaatkan".

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.
Referensi :
  • Buku matematika SMK kelompok Penjualan dan Akuntansi karangan To'ali kelas 12

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇