Sifat-Sifat Perbandingan Senilai ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 15, 2016

Sifat-Sifat Perbandingan Senilai

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Sifat-Sifat Perbandingan Senilai, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Sifat-Sifat Perbandingan Senilai

Ada beberapa sifat perbandingan seniai, a : b = c : d, berlaku : 
  • a/b = c/d ↔ ad = bc 
  • a : b = c : d ↔ ka : kb = kc : kd
  • (a + b) : (c + d) = a : c = b : d
  • (a - b) : (c - d) = a : b = c : d
  • (a + c) : (b + d) = a : b = c : d
  • (a - c) : (b - d) = a : b = c : d
Kita coba salah satu sifat ke dalam contoh :

Contoh :

Panjang ubin 10cm dan lebar 6cm. Jika akan menggambar ubin dengan lebar 3cm, maka berapakah panjang ubin seharusnya pada gambar ???

Jawab :
Panjang ubin sebenarnya = c = 10cm
Lebar ubin sebenarnya = d = 6cm
Lebar ubin pada gambar = b = 3cm

Kita gunkan sifat (a + b) : (c + d) = a : c = b : d., maka :
(a + 3cm) : (10cm + 6cm) = 3cm : 6cm
(a + 3cm) : 16cm = 3cm : 6cm
6a + 18cm = 48cm
6a + 18cm - 18cm = 48cm - 18cm
6a  = 30cm
6a x 1/6 = 30cm x 1/6
a = 5cm

Jadi panjang seharusnya pada gambar adalah 5cm

Kesimpulan

Jadi sifat-sifat perbandingan senilai dapat teman-teman gunakan dalam soal perbandingan senilai dengan tujuan untuk mempermudah pengerjaan teman-teman.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Saya sarankan baca juga artikel :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇