Rumus Menghitung Bruto ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, October 16, 2016

Rumus Menghitung Bruto

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Menghitung Bruto, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Menghitung Bruto

Sebelum teman-teman menghafal rumusnya, inget uraian dibawah ini terlebih dulu :

Bruto (Berat Kotor) adalah berat karung beserta kemasan atau bungkusnya
Netto (Berat bersih) adalah berat barang tanpa kemasan atau bungkusnya.
Tara adalah selisih antara bruto dan neto (berat kemasan atau bungkus suatu barang)

Jika sudah menghafal uraian di atas, nih saya kasih rumusnya :

Rumus Menghitung Bruto :

Bruto = Nato + Tara

Contoh soal menghitung bruto :

Jika pajar membeli sekarung beras dengan berat bersih beras 9kg, dan berat karung berasnya 1kg, maka berapakah berat karung berasnya ?

Penyelesaian soal menghitung bruto :

Jawab :
Diketahui :
Berat bersih beras = Neto = 9kg
Berat karung beras = Tara = 1kg

Ditanyakan :
Berat kotor = bruto = ...??

Kita gunakan rumus menghitung tara untuk menyelesaikan soal ini, maka :
Bruto  = Neto + Tara
Bruto  = 9kg + 1kg
Bruto  = 10kg

Jadi berat kotor beras atau bruto adalah 10kg.

Kesimpulan :
Jadi ktika membeli suatu barang yang berkaitan dengan kiloan kita harus tau bruto, sehingga kita tidak akan dibodohi oleh si penjual.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Saya sarankan untuk membaca artikel :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇