Rumus Menentukan Harga Penjualan ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, October 16, 2016

Rumus Menentukan Harga Penjualan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Menentukan Harga Penjualan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Menentukan Harga Penjualan

Sebelum teman-teman menghafal rumusnya, inget uraian dibawah ini terlebih dulu :

Nilai uang dari suatu barang yang dibeli disebut "harga pembelian", dan nilai uang dari suatu barang yang dijual disebut "harga penjualan"

Jika sudah menghafal uraian di atas, nih saya kasih rumusnya :

Rumus Menentukan Harga Penjualan

Harga penjualan = (100% + Persentase untung) x Harga Pembelian
atau :  
Harga Penjualan = (100% - Persentase rugi) x Harga Pembelian

Contoh soal menentukan harga penjualan :

Seorang pedagang buah membeli apel sebanyak 7,5kg dengan harga Rp.375.000,00. Berapa rupiahkah pedagang tersebut harus menjual apelnya, Jika pedagang tersebut ingin mendapat keuntungan 15%??

Penyelesaian soal menentukan harga penjualan :

Jawaban :
Diketahui :
Harga beli = Rp.375.000,00
Persantese untung = 15%

Kita gunkan rumus menentukakn harga penjualan untuk menjawab soal ini, maka :
Harga penjualan = (100% + persentase untung) x Harga Pembelian
Harga penjualan = (100% + 15% ) x Rp.375.000,00
Harga penjualan = 115%  x Rp.375.000,00
Harga penjualan = Rp.431.250,00

Jadi jika pedagang tersebut ingin mendapat keuntungan 15%, maka pedagang apel tersebut harus menjual apelnya seharga  Rp.431.250,00.

Kesimpulan

Jadi ktika kita akan menjual suatu barang, kita harus perhitungkan dulu berapa rupiah kita harus menjual barang supaya mendapatkan untung.  

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇