Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, October 18, 2016

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Jenis-Jenis Segitiga Berdasarkan Panjang Sisinya

Jenis segitiga ditinjau dari panjang sisinya ada 3 macam, yaitu :
  1. Segitiga sama kaki
  2. Segitiga sama sisi
  3. Segitiga sebarang

1. Segitiga sama kaki

Segitiga sama kaki mempunyai dua sisi yang sama panjang, maka segitiga itu juga mempunyai dua sudut sama besar, yaitu sudut saling berhadapan.

Sifat segitga sama kaki :

  • Segitiga sama kaki, apabila diputar satu putaran penuh akan menempati bingkainya dengan tepat satu cara, maka segitiga sama kaki mempunyai simetri putar tingkat satu.
  • Segitiga sama kaki mepunyai satu sumbu simetri.
Berikut gambar segitiga sama kaki :

2. Segitiga sama sisi

Segitiga sama sisi mempunyai tiga buah sisi yang sama panjang, maka ketiga sudutnya juga sama besar, yaitu 60° ( jumlah ketiga sudut Δ = 180° ).

Sifat segitiga sama sisi :

  • Segitiga sama sisi mempunyai simetri putar tingkat 3
  • Tiga sumbu simetri
  • Tiga sisi sama panjang
  • Tiga sudut sama besar yaitu 60°
  • Dapat menempati bingkainya dengan 6 cara.
Berikut gambar segitiga sama sisi :

3. Segitiga sebarang

Segitiga sebarang adalah segitiga yang sisi-sisinya tidak sama panjang.

Sifat segitiga sebarang :

  • Mempunyai tiga buah sisi yang tidak sama panjangnya
  • Tidak memliki simetri lipat
  • Mempunyai simetri putar hanya satu buah
  • Ketiga sudutnya mempunyai besar yang berbeda
Berikut gambar segitiga sebarang :

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇