Cara Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, October 14, 2016

Cara Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Cara Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar

Suatu pecahan dikatakan sederhana apabila pembilang dan penyebutnya tidak memiliki faktor persekutuan selain 1. Untuk itu pembilangan dan penyebut dibagi dengan FPBnya.

Untuk menyederhanakan pecahan aljabar, teman-teman harus menghafal sifat-sifat berikut ini :
ab + ac = a(b + c) 
ab - ac = a(b - c)
a2 + 2ab + b2 = (a + b)(a + b)
a2 - 2ab + b2 = (a - b) (a - b)
a2 - b2 = (a + b)(a ∓ b)
a2 + (b + d)a + bd = (a + b) (a + d)
a2 - (b + d)a + bd = (a - b) (a - d)
a/d + b/d + c/d = (a + b - c)/d

Misalkan saya ambil salah satu contoh sifat diatas untuk menyelesaikan soal berikut ini :

Contoh soal :
Sederhanakanlah  (x2 + 4x + 4)/(x + 2) !!!

Jawab :
Nah untuk menyelesaikan soal seperti ini kita harus menggunakan sifat a2 + 2ab + b2 = (a + b)(a + b) , maka kita ubah x2 + 4x + 4 menggunakan sifat a2 + 2ab + b2 = (a + b)(a + b) menjadi :
x2 + 4x + 4 = x2 + 2(x)(2) + 22
x2 + 4x + 4 = (x + 2)(x + 2)

Maka :
(x2 + 4x + 4)/(x + 2) = ((x + 2)(x + 2))/(x + 2)
(x2 + 4x + 4)/(x + 2) = x + 2

Jadi bentuk yang paling sederhana dari  (x2 + 4x + 4)/(x + 2) adalah x + 2

Kesimpulan

Jadi intinya tema-teman harus menggunakan kecerdasan teman-teman untuk menyederhanakan pecahan aljabar dengan sifat-sifat yang sudah saya jelaskan diatas

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇