Cara Menghitung Skala Perbandingan ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 15, 2016

Cara Menghitung Skala Perbandingan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menghitung Skala Perbandingan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Cara Menghitung Skala Perbandingan

Tentunya untuk menghitung skala perbandingan bisa dilakukan dengan menggunakan rumus perbandingan sekala.

Rumus Perbandingan Sekala :


Panjang asli (Pa)/Panjang model (Pm) = Lebar asli (La)/Lebar Model (Lm) = Tinggi asli (Ta)/Tinggi model (Tm)

Adapun beberapa langkah untuk menjalankan rumus perbandingan skala :
  1. Tentukan semua hal yang diketahui dan ditanyakan
  2. Masukan semua hal yang diketahui pada rumus
  3. Cari hal yang ditanyakan pada soal
Supaya lebih jelas yu kita praktikan dalam soal.

Contoh soal :

Pada sebuah gambar, lebar rumah 25 cm dan tinggi pintu 5 cm. Jika tinggi pintu sebenarnya 2m, tentukanlah lebar pintu rumah sebenarnya !!!

Jawab :

Langkah ke-1

Tentukan semua hal yang diketahui dan ditanyakan.
Diketahui :
Lebar model (Lm) = 25cm
Tinggi model (Tm) = 5cm
Tinggi asli (Ta) = 2,5m = 250cm

Ditanyakan :
Lebar asli (La) =....???

Langkah ke-2


Masukan semua hal yang diketahui pada rumus.
Panjang asli (Pa)/Panjang model (Pm) = Lebar asli (La)/Lebar Model (Lm) = Tinggi asli (Ta)/Tinggi model (Tm)
Lebar asli (La)/25cm= 250cm/5cm

Langkah ke-3


Cari hal yang ditanyakan pada soal.
Hal yang ditanyakan pada soal adalah lebar asli (La). Maka untuk mencari La kita harus mengkali silang rumus karena merupakan perbandingan senilai. Jadi :
La/25cm= 250cm/5cm
La x 5cm = 250cm x 25cm
5La = 6.250cm
5La x 1/5= 6.250cm x 1/5
La = 1.250cm 

Jadi lebar pintu rumah sebenarnya adalah 1.000cm atau 12,5m

Kesimpulan

Untuk perbandingan yang melibatkan skala suatu benda biasanya selalu dengan perbandingan senilai, jadi kita operasikan rumus dengan langsung kali silang saja.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Saya sarankan baca juga artikel :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇