Cara Menghitung Perbandingan Segmen Garis ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, October 18, 2016

Cara Menghitung Perbandingan Segmen Garis

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentangCara Menghitung Perbandingan Segmen Garis, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Gambar 1

Cara Menghitung Perbandingan Segmen Garis

Untuk cara menghitung perbandingan segmen garis bisa dilakukan dengan rumus perbandingan segmen garis, yaitu :

Rumus Perbandingan Segmen Garis :

Perhatikan gambar di atas !!!
Misalkan diketahui titik C berada di antara titi A dan titik B, sehingga : AC : CB = m : n, Maka Rumus perbandingan segmen garisnya :
AC : CB = m : n
AC : AB = m : (m + n)
CB : AB = n : (m + n)

Contoh Soal perbandingan segmen garis :


Jika panjang AB = 15cm, dan AP : PB = 2 : 3, tentukanlah panjang AP dan PB !!!

Penyelesaian soal perbandingan segmen garis :

Jawab :
Diketahui :
AB = 15
AP : PB = 2 : 3 = m : n

Ditanyakan :
AP = ???
PB = ???

Untuk menjawabnya kita gunakan rumus perbandingan segmen garis, maka :
Karena pada rumus sebagai titik tantara A dan B adalah C maka kita ganti dengan P karena pada soal titik P yang berada diantara titik A dan titik B :
AP : PB = 2 : 3
AP : AB = 2 : (2 + 3)
AP : AB = 2 : 5 
PB : AB = 3 : (2 + 3)
PB : AB = 3 : 5

 AP : 15cm = 2 : 5
AP/15cm = 2/5
(AP/15cm) x 15 = (2/5) x 15cm, (Kedua ruas dikali dengan 15 untuk menyederhanakan)
AP = 6cm

PB : 15cm = 3 : 5 
PB/15cm = 3/5   
(PB/15cm) x 15 = 3/5 x 15, (Kedua ruas dikali dengan 15 untuk menyederhanakan)
PB = 9cm

Jadi panjang AP dan PB adalah 6cm dan 9cm

Sekian artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah-salah kata
Saya sarankan untuk membaca artikel :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇