Cara Menentukan Turunan Fungsi ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, October 5, 2016

Cara Menentukan Turunan Fungsi

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Turunan Fungsi, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ada beberapa hal yang harus temen-teman ketahui sebelum menentukan turunan fungsi, diantaranya :
  1. Jika f(x) = c maka turunannya adalah f'(x) = 0
  2. Jika f(x) = xn maka turunannya adalah f'(x) = nxn-1
  3. Jika f(x) = axn maka turunannya adalah f'(x) = anxn-1
Kita masuka ke contoh soal.

 

Contoh 1 :

Tentukan turunan dari f(x) = 4 !!!!!

Jawab :
Sebelumnnya kita tulis hal yang diketahui pada soal :
Dik :
f(x) = 4
c = 4

Nah untuk keadaan soal seperti ini kita tidak perlu hitung menghitung lagi karena soal ini sesuai dengan keadaan 1 yaitu Jika f(x) = c maka turunannya adalah f'(x) = 0. Maka berapapun besar x dan c hasilnya tetaplah 0. Maka turunan dari f(x) = 4 adalah  f'(x) = 0.

 

Contoh 2 :

Tentukan turunan dari f(x) = x4!!!!

Jawab :
Sebelumnya kita tulis semua hal yang diketahui pada soal, maka :
Dik :
f(x) = x4
n = 4

Karena soal ini sesuai dengan keadaan jika f(x) = xn maka turunannya adalah f'(x) = nxn-1 , maka turunan dari f(x) = x4 adalah :
f'(x) = 4x4-1
f'(x) = 4x3

Contoh 3 :

Tentukan turunan dari f(x) = 3x4 !!!!

Jawab :
Sebelumnya tulis dulu semua hal yang diketahui pada soal, maka :
Dik :
f(x) = 3x4
a = 3
n = 4

Karena soal ini sesuai dengan keadaan jika f(x) = axn maka turunannya adalah f'(x) = anxn-1 , maka turunan dari f(x) = 3x4 adalah :
f'(x) = 3(4)x4-1
f'(x) = 12x3

Kesimpulan 

Ktika teman-teman menentukan turunan dari suatu fungsi, teman-teman harus melihat bahwa fungsi yang akan diubah menjadi turunan masuk ke dalam keadaan fungsi yang mana. Untuk keadaan fungsinya ada tiga, dan sudah saya jelaskan tadi di atas.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇