Cara Menentukan Limit Tak Tentu dengan Aturan L'Hopital ~ Matematika Akuntansi -->

Friday, October 7, 2016

Cara Menentukan Limit Tak Tentu dengan Aturan L'Hopital

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Limit Tak Tentu dengan Aturan L'Hopital, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ada dua bentuk limit taktentu, diantaranya :
  1. 0/0
  2. ∞/∞
Limit tak tentu dapat di tentukan dengan rumus aturan L'Hopital. apabila f(x) dan g(x) memiliki turunan di x = 0 dan f(a) = g(a) = 0, sedangkan f'(a) dan g'(a) tidak nol, maka berlaku :

Rumus Aturan L'Hopital


Aturan inilah yang disebut dengan aturan L'Hopital. Apabila teman-teman gunakan aturan L'Hopital dengan menentukan turunan pertama fungsi f(x) dan g(x) ternyata masih di jumpai 0/0 atau ∞/∞, lanjutkan aturan L'Hopital itu dengan menentukan turunan ke-dua fungsi f(x) dan g(x). Apabila untuk turunan ke-dua masih dijumpai bentuk 0/0 atau ∞/∞, Lanjutkan aturan L'hopital dengan menentukan turunan ke-tiga fungsi f(x) dengan g(x), demikian seterusnya sehingga tidak lagi dijumpai bentuk 0/0 atau ∞/∞.

Contoh :

Tentukan lim x2 (x - 2)/(x2 - 4) !!!

Jawab :
Diketahui :
f(x) = x - 2
f'(x) = 1
g(x) = x2 - 4
g'(x) = 2x

Dengan demikian nilai :
f(2) = 2 - 2 = 0
g(2) = 22 - 4 = 4 - 4 = 0

Akibatnya limit ini memiliki berbentuk tak tentu kerena, f(2)/g(2) = 0/0. Maka dengan aturan L'Hopital kita tentukan nilai limitnya, maka :
lim x2 f(x) /g(x) = lim x2 f'(x)/g'(x)
lim x2 (x - 2) /(x2 - 4) = lim x2 1/2x
lim x2 (x - 2) /(x2 - 4) = 1/(2(2))
lim x2 (x - 2) /(x2 - 4) = 1/4

Nah jadi nilai  lim x2 (x - 2)/(x2 - 4) adalah 1/4

Kesimpulan

Jadi cara menentukan limit tak tentu bisa dengan rumus aturan L'Hopital. Ktika teman-teman sudah menentukan nilai limit taktentu, dan hasilnya juga masih tak tentu maka gunakanlah rumus aturan L'Hopital.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇