Cara Menentukan Komplemen Himpunan ~ Matematika Akuntansi -->

Monday, October 10, 2016

Cara Menentukan Komplemen Himpunan

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Komplemen Himpunan, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Untuk dapat menentukan komplemen dari suatu himpunan tertentu, maka wajib kita mengetahui dahulu tentang apa itu arti dari komplemen himpunan tersendiri.

Pengertian Komplemen Himpunan

Misalkan pada himpunan A, maka komplemen pada himpunan A adalah "semua anggota S (Himpunan semesta) yang bukan anggota himpunan A"

Jadi untuk menentukan himpunan semesta itu kita harus mencari semua anggota yang bukan anggota dari  himpunan misalnya himpunan A.

Cara Menentukan Komplemen Himpunan

Untuk mempermudah teman-teman menentukan komplemen dari suatu himpunan, maka saya akan memberikan langkah-langkah untuk menentukannya, diantaranya adalah :
  1. Tuliskan semua hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal
  2. Tuliskan keanggotaan dari seluruh himpunan
  3. Tentukan komplemennya
Untuk memperjelas, yu pelajari contoh soal di bawah ini : 
Tentukan komplemen dari A = {2, 3, 5 , 7}, jika S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah } !!!!!

Jawab :

Langkah ke-1 :

Tuliskan semua hal yang diketahui dan ditanyakan pada soal :
Diketahui :
A = {2, 3, 5 , 7}
S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah }
S = {1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9}

Ditanykan :
Ac = {...} ????

Langkah ke-2 :

Tuliskan keanggotaan dari seluruh himpunan :
1∈ S
2∈ A dan 2∈ S
3∈ A dan 3∈ S
4∈ A
5∈ A dan 5∈ S
6∈ A
7∈ A dan 7∈ S
8∈ A 
9∈ A

Langkah ke-3 :

Tentukan komplemennya. Untuk menentukan komplemennya kita harus berdasar pada pengertian komplemen himpunan diatas bahwa "misalkan pada himpunan A, maka komplemen pada himpunan A adalah semua anggota S (Himpunan semesta) yang bukan anggota himpunan A". Maka komplemen dari himpunan A adalah :
Ac = {1, 4, 6, 8, 9}

Jadi komplemen dari A = {2, 3, 5 , 7}, jika S = {x│x > 10, x ∈ bilangan cacah } adalah Ac = {1, 4, 6, 8, 9}.

Kesmimpulan 

Jadi untuk menentukan komplemen himpunan kita hanya harus memahami pengertiannya saja sehingga kita tahu mana anggota komplemen dari suatu himpunan.

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇