Cara Menentukan Himpunan Berhingga dan Tak Berhingga ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, October 8, 2016

Cara Menentukan Himpunan Berhingga dan Tak Berhingga

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Himpunan Berhingga dan Tak Berhingga, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

1. Cara Menentukan Himpunan Berhingga

Untuk menentukan suatu himpunan dalam keadaan berhingga atau kita anggap suatu himpunan tersebut nilainya berhingga, maka kita harus faham dulu apa itu yang dimaksud dengan berhingga. Berhingga itu artinya terdifinisi atau terlihat akhirnya. Misalkan :
A = {1, 2, 3, 4, ...., 7}
Himpunan bilangan A di atas adalah himpunan bilangan yang berhingga karena terlihat dari akhir bilangan dari himpunan bilangannya.

Contoh soal :

Jika P adalah himpunan nama bulan Masehi dalam setahun dimulai dengan huruf J. Tentukanlah n(P) !!!!!

Jawab :
P = {Januari, Juni, Juli}
n(P) = 3
Karena akhir dari himpunan P diketahui yaitu juli maka banyaknya anggota P pun dapat kita ketahui, maka dari itu artinya himpunan P adalah himpunan berhingga.

2. Cara Menentukan Himpunan Tak Berhingga

Begitu pula untuk menentukan suatu himpunan dikatakan tak berhingga, maka kita harus tau dulu apa itu makna dari tak berhingga. Jadi himpunan tak berhingga itu adalah suatu bilangan yang tidak memiliki ujung atau akhir anggota, sehingga tidak akan diketahui berapa banyak anggota himpunannya. Misalkan :
A = {1, 2, 3, 4, ....}
Himpunan A diatas adalah himpunan tak berhingga kerena kita tidak akan pernah tau berapa banyak anggotanya jika anggota akhir dari himpunan A tidak diketahui. Untuk menyatakan suatu himpunan berhingga biasanya digunakan symbol "∞".

Contoh Soal :

Tentukan banyaknya himpunan dari himpunan bilangan asli !!!!!

Jawab :
A = {1, 2, 3, 4,....}

Banyaknya himpunan bilangan asli tidak akan kita ketahui atau nilainya tak berhingga karena anggota akhir dari himpunan bilangan asli tidak diketahui, maka :
n(A) = ∞

Kesimpulan

Jadi kita tidak dapat menentukan banyak anggota dari suatu himpunan jika anggota akhir dari himpunan tidak diketahui. Maka keadaan seperti inilah yang disebut dengan tak berhingga "∞".

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇