Strategi Hadapi Ulangan atau Ujian ~ Matematika Akuntansi -->

Tuesday, September 6, 2016

Strategi Hadapi Ulangan atau Ujian

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Strategi Hadapi Ulangan atau Ujian, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ktika seseorang dihadapkan pada sesuatu yang tidak dia sukai, secara otomatis orang itu akan mengalami tekanan akan sesuatu yang dihadapkan tersebut. Contoh sederhana yaitu ktika seseorang menghadapi ulangan sekolah atau pun ujian sekolah. Hampir semua siswa maupun siswi tidak menyukai ulangan sekolah. Banyak sekali siswa yang stress hanya gara-gara ulangan, bahkan ada siswa yang jika dia tidak lulus dalam tes atau ulangannya dia melakukan bunuh diri, dan lain sebagainya. Ktika saya sekolah banyak sekali teman-teman saya yang mengeluh jika akan dihadapkan dengan ulangan. Karena mengetahui hal tersebut saya ingin berbagi kepada kalian semua sebuah artikel yang semoga bisa memberi solusi agar ktika kalian menghadapi sebuah ulangan atau ujian, kalian bisa menghadapinya dengan tenang dengan hasil yang memuaskan.
Saya akan berbagi strategi yang sudah saya gunakan dulu, dan alhamdulillah ktika lulus sekolah saya mendapatkan nilai terbaik di satu jurusan. Strategi yang saya pakai diantaranya adalah :

1. Bersikap Tenang

Satu hal yang membuat kita jadi stress adalah rasa takut kita jika memperoleh nilai ulangan yang jelek. Namun memang sudah sewajarnya seorang manusia memang memiliki sifat atau rasa takut pada dirinya. Namun perlu kita ketahui bahwa manusia itu tidak hanya memiliki sifat penakut, tetapi di dalam diri manusia pun terdapat jiwa pemberani. Ktika kita akan dihadapkan pada suatu ulangan, secara otomatis batin kita akan tertekan apalagi pelajaran yang akan diulangan yaitu pelajaran yang tidak kita sukai. Namun tentunya rasa takut itu bisa dilawan jika manusia itu memiliki jiwa keberanian yang tinggi. Ketakutan dan keberanian itu adalah sebuah cerminan mental seseorang. Jika seseorang memiliki mental yang buruk maka dia akan cenderung menjadi penakut, begitupun sebaliknya. Nah lalu bagaimana caranya agar kita bisa bersikap tenang atau memiliki mental yang baik ??? Sebuah mental di bentuk dengan apa yang ditanamkan di diri kita oleh fikiran kita. Jadi sederhana saja cara untuk melawan rasa takut untuk bersikap tenang adalah dengan menanamkan fikiran positif pada diri kita. Berfikirlah bahwa hasil ulangan anda akan baik, berfikirlah bahwa meskipun anda orang yang bodoh tapi anda punya tuhan yang akan membantu anda.

2. Pelajari Materi Semampuh Kita

Biasanya ktika seseorang akan menghadapi ulangan, ia akan mati - matian belajar, Bahkan ada orang sampe belajar seharian full. Lalu apakah cara seperti itu baik ?? cara seperti itu baik namun banyak sekali dampak buruknya. Ktika kita belajar mati-matian, otomatis kita berangan-angan seolah-olah kita pasti akan mendapat nilai yang baik. Namun perlu diingat, manusia itu hanya bisa merencanakan tapi tuhanlah yang menentukan. Jadi jangan lah terlalu ambisius karena belum tentu hasilnya sesuai dengan apa yang kita angankan. Yang lebih parah setelah seharian belajar full, tubuh kita malah menjadi sakit. Dan pada akhirnya tidak bisa mengikuti ulangan. Nah hal demikian jangan sampai terjadi pada anda. Ktika anda akan menghadapi ulangan belajar lah sesuai kemampuan anda, tapi jangan menjadi malas juga ! :).

3. Berdoa Dengan Khusyu

Kita memang sering berdoa, kita memang sering memohon kepada yang maha kuasa. Tetapi tanyakan pada diri kita, apa pernah kita berdoa dengan sungguh-sungguh? Apa kita pernah berdoa dengan cucuran air mata?. Paling biasanya kita berdoan itu secara terburu-buru dan bahkan semenit kemudian kita lupa akan doa kita, dan yang paling parah kita sendiri tidak tahu dengan apa yang kita pinta kepada yang maha kuasa. Tuhan memang maha mendengar, tapi ingat kalian itu hanya sebagian mahluk kecil yang diciptakan yang maha kuasa. Semua orang meminta kepada yang maha kuasa, semua orang berdoa kepada yang maha kuasa. Tapi tentunya semua orang memiliki cara yang berbeda dalam berdoa. Ada yang berdoa dengan cara baik dan ada yang berdoa dengan cara yang tidak baik. Jika kita ingin keinginan kita di kabulkan maka bardo'a lah sebaik mungkin yaitu dengan cara berdoa khusyu kepada tuhan kita. Rendahkanlah diri anda di hadapan tuhan anda!

4. Jangan Tidur Larut Malam

Biasanya ktika kita mengalami sebuah tekanan, kita akan sulit untuk tidur. Semakin malam hari akan semakin gelisah, dan ini bisa disebut juga penyakit insomnia. Begitupun ktika akan menghadapi ulangan biasanya kita akan gelisah dan susah untuk tidur. Dan kebiasaan buruk kita yaitu menonton tv sampai larut malam. Inget ktika akan menghadapi ulangan kita harus bersikap tenang, jangan fikirkan apapun, bahkan jikalau bisa hindari pandangan anda pada televisi. Jika anda sudah menonton tv dan acaranya pun anda sukai, sudah pasti anda akan menonton televisi tersebut sampai larut malam. Nah hindarilah hal seperti itu, ktika kita selesai belajar atau selesai solat isya bagi yang muslim, langsunglah anda tidur, jangan fikirkan televisi, pacaran, atau apapun yang dapat membuat anda susah untuk tidur.

5. Sarapan Sebelum Mengerjakan Ulangan

Sarapan adalah hal yang sangat penting sebelum melakukan aktivitas. Begitupun ktika akan menghadapi ulangan kita harus sarapan terlebih dahulu. Sarapan yang baik adalah sarapan yang tidak berlebihan. Sajian makanannya pun jangan makannan yang terlalu berat. Sarapan yang baik itu bisa kita makan roti, kemudian buah-buahan secukupnya, dan kemudian munum susu. Sarapan memang penting jangan juga anda terlalu banya makan sebelum ulangan !!

6. Jangan Menyontek

Kebanyakan orang berfikir bahwa dengan moncontek akan membuat hasil ulangan mereka menjadi memuaskan. Ingat teman-teman menyontek itu perbuatan yang dosa, perbuatan yang dibenci tuhan. Jangan pernah menyontek bahkan jangan pernah sama sekali anda kefikiran untuk menyontek. Sebenarnya yang buat hasil ulangan kita buruk itu karena kita mencontek. Ingat temen-temen, percumah saja kita belajar, percumah saja kita berdoa kalo nantinya kita menyontek. Percayalah tuhan itu adil, tidak mungkin orang yang menyontek memiliki hasil yang lebih baik dari pada orang yang tidak mencontek atau jujur dalam ulangannya.

Kesimpulan

Sesuatu yang bernilai tidak bisa di dapat tanpa pengorbanan, jika kita ingin medapatkan nilai ulangan yang memuaskan, ikutilah langkah-langkah di atas, bahkan kalo kalian memiliki cara yang lebih baik dari ini, bisa kalian pakai juga atau terapkan. Tuhan itu maha adil. Apa yang anda tanam maka itulah yang anda petik. Bersikaplah setenang mungkin, dan jangan anggap ulangan itu adalah beban.

Nah sekian artikel kali ini, mohon maaf apabila ada salah-salah kata.
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇