Pengertian Logaritma ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, September 3, 2016

Pengertian Logaritma

Hallo temen-temen ????
Kali ini gue bakalan berbagi artikel tentang Pengertian Logaritma, yo simak!
Melalui pelajaran Biolog, kalian mengetahui bahwa sel akan tumbuh dan berkembang biak dengan cara membelah diri. Dari tiap satu sel akan menjadi dua sel. Dari dua sel akan menadi 4 sel, dan seterusnya hingga berjuta-juta sel yang ada ditubuhmu!
Perhatikan gambar di bawah ini !
Setelah pembelahan pertaman terdapat 2 sel.
Setelah pembelahan ke-dua terdapat 4 sel.
Setelah pembelahan ke-tiga terdapat 8 sel. Dan seterusnya.
Setelah pembelahan ke-10 terdapat berapa sel???
Bagaimanakah cara kalian mendapatkan jawaban di atas ????
Apakah kalian melakukan cara dengan perkalian bilangan yang sama??
Apa yang dapat kalian simpulkan dari peristiwa pembelahan sel diatas????
Masih ingatkah kalian tentang perpangkatan ?? apakah yang dimaksud dengan 25 ? Disebut apakah bilangan 2 dan bilangan 5 pada 25 ? Masih ingatkah kalian dengan pangkat dua dan akar pangkat dua.

Pengertian Logaritma

Kalian telah mempelajari perpangkatan suatu bilangan, jika kalian bertanya berapakah dua pangkat 3, maka akan ditulis 23 =..., tentu jawaban dari 23 adalah 8. Jika kalian menanyakan akar pangkat tiga dari delapan akan ditulis dan tentu jawabannya adalah 2.
Kembali ke permasalahann sel di atas. Setelah pembelahan sel ke-3 terdapat 8 el jika ditulis dalam kalimat matematika 23 = 8. Misal terdapat 64sel, sudah berapa kali pembelahan yang terjadi ??? Hal ini dapat ditulis 2...= 64. Bagaiaman cara menentukan jawaban di atas???
Jhon Napier (1550 - 1617) telah memperkenalkan Logaritma yang kemudian dapat digunakan untuk pangkat bilangan oleh Joorst Burgi (1552 - 1632) bahwa :
ab = c dapat ditulis dalam bentuk logaritma yaitu : alog c = b
alog c  = b dibaca logaritma c dengan bilangan pokok a dan hasilnya sama dengan b atau lebih singkat dibaca alog c dama dengan b.
Jadi 2...= 64 dapat ditulis 2log 64  = ...?
2log 8  = 3 sebab 23 = 8
3log 9  = 2 sebab 32 = 9
5log 125 = 3 sebab 53 =125
Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa logaritma juga merupakan invers (kebalikan) dari perpangkatan, sehingga dapat dituliskan sebagai berikut :
2c = b alog b  =c    a > 0, a tidak sama dengan 1, dan b > 0
a = bilangan pokok
b = hasil perpangkatan
c = hasil logaritma

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇