Cara Mengubah Pecahan Ke Persen dan Sebaliknya ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 28, 2016

Cara Mengubah Pecahan Ke Persen dan Sebaliknya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Mengubah Pecahan Ke Persen dan Sebaliknya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Mungkin sebagian besar dari kalian sudah tahu tentang bagaimana caranya mengubah bilangan pecahan ke dalam bentuk persen. Namun saya hanya akan berbagi materi ini kepada mereka yang merasa kesulitan saja. Biasanya seseorang yang kesulitan dalam mengubah atau mengonversikan bilangan bentuk pecahan ke bentuk persen, meraka kesulitan dalam urutan pengerjaannya, mereka hanya berfikir secara abstrak tanpa tau dasar dari cara mengubah bilangan bentuk persen ke bentuk pecahan.

Langkah – Langkah Mengubah Bilangan Bentuk Pecahan ke Bentuk Persen

  1. Ubah bilangan pecahan menjadi bilangan decimal dengan cara membagi pembilang dengan penyebut.
  2. Kalikan bilangan pecahan yang sudah diubah ke dalam bilangan decimal dengan bilangan 100% sehingga hisal kalinya menjadi %(persen) juga.
Jadi hanya ada dua langkah urutan berfikir untuk mengubah atau mengonversikan bilangan bentuk pecahan ke bentuk persen. Saya akan jelaskan satu persatu langkah tersebut supaya teman-teman bisa lebih faham tentang cara mengubah bilangan pecahan ke bentuk bilangan persen.
  1. Ubah bilangan pecahan menjadi bilangan decimal dengan cara membagi pembilang dengan penyebut. Sebelumnya kalian tahu mana pembilang dan penyebut pada bilangan bentuk pecahan ? mungkin sebagian besar tahu ya, tapi jika ada yang lupa saya akan kasih tau deh. Jadi misalkan ada bilangan pecahan 2/3, nah yang menjadi pembilang dari bilangan pecahan itu adalah 2 dan yang menjadi penyebut dari bilangan pecahan itu adalah 3. Nah sudah faham kan??. Nah pada langkah yang pertama ini kita harus mengubah bilangan pecahan ke bentuk bilangan decimal dulu yaitu dengan cara membagi pembilangan dengan penyebut, jadi karena pembilangnya adalah 2 dan penyebutnya adalah 3 maka 2 : 3 = 0,666666667 atau kita gunakan saja dua bilangan setelah koma maka menjadi 0,67. Bagi yang belum tau cara mengubah bilangan pecahan ke bilangan decimal bisa baca di artikel cara mengubah atau mengonversikan bilangan pecahan ke bilangan decimal.
  2. Kalikan bilangan pecahan yang sudah diubah ke dalam bilangan decimal dengan bilangan 100% sehingga hisal kalinya menjadi %(persen) juga. Jadi pada langkah yang ke-dua ini kita tinggal mengkalikan bilangan pecahan yang telah diubah ke bilangan decimal dengan bilangan 100%, sehingga pasti nilanya menjadi bilangan persen pula. Nah untuk melanjutkan langkah yang pertama kita ambil saja contoh 2/3 yang telah diubah menjadi bilangan decimal yaitu 0,67. Maka kita tinggal kalikan bilangan decimal 0,67 dengan 100% maka hasilnya adalah 67%. Jadi hasil konversi 2/3 ke dalam bentuk persen adalah 67% atau 2/3 = 67%

Langkah – Langkah Mengubah Bilangan Bentuk Persen ke Bentuk Pecahan

Nah ini merupakan kebalikan dari langkah – langkah mengubah bilangan bentuk pecahan ke bentuk persen. Untuk langkah – langkah mengubah bilangan bentuk persen ke bentuk pecahan pasti ada langkah-langkahnya juga, diantaranya :
  1. Jadikan bilangan persen sebagai penyebut, dan bilangan 100 sebagai pembilang, dan hilangkan tanda %(persen) pada pembilangnya
  2. Kemudian sederhanakan bilangan pecahan yang penyebutnya berasal dari bilangan persen dan pembilangnya adalah bilangan 100 sesederhana mungkin.
Pada langkah – langkah mengubah bilangan bentuk pecahan ke bentuk persen pun hanya ada dua langkah pula. Saya akan menjelaskan langkah – langkah tersebut supaya anda bisa memahaminya dengan sempurna.
  1. Jadikan bilangan persen sebagai penyebut, dan bilangan 100 sebagai pembilang, dan hilangkan tanda persen pada pembilangnya . Jadi pada langkah yang ke-dua ini kita harus mengubah bilangan pecahan dengan cara menjadikan bilangan persen sebagai pembilang dan bilangan 100 sebagai penyebut. Misalkan kita ambil contoh bilangan persennya adalah 50%, maka 50%/100, kemudian kita hilangkan tanda % pada pembilang maka akan menjadi 50/100
  2. Kemudian sederhanakan bilangan pecahan yang penyebutnya berasal dari bilangan persen dan pembilangnya adalah bilangan 100 sesederhana mungkin. Nah pada langkah yang terakhir ini kita hasus menyederhanakan bilangan persen yang telah diubah menjadi pecahan yang pembilangnya berasal dari bilangan persen yang dihilangkan tanda persennya dan penyebutnya berasal dari bilangan 100, maka :
    50/100 = (50 : 50)/(100 : 50), bagi penyebut dan pembilang dengan bilangan yang sama yang dapat menyederhanakan bilangan pecahan tersebut :
    50/100 = ½

Kesimupulan

Jadi untuk mengubah bilangan pecahan ke bilangan persen atau begitupun sebaliknya sangatlah mudah, jika kita tahu dan mengerti langkah cara mengerjakannya.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata
Akhir kata wassalamualaikum wr. Wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇