Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal dan Sebaliknya ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 28, 2016

Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal dan Sebaliknya

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal dan Sebaliknya, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Mungkin untuk sebagian orang sangatlah mudah mengubah bilangan bentuk pecahan ke-desimal. Akan tetapi pasti ada orang yang kesulitan mengubah bilangan bentuk pecahan kedalam bentuk desimal. Bahkan bisa saja mereka tidak tahu apa itu bilangan desimal. Tapi tenang ya bagi temen-temen yang belum bisa atau belum tau cara mengubah bilangan pecahan ke dalam bilangan desimal atau begitupun sebaliknya tenang saja, karena saya akan menjelaskannya kepada teman-teman secara detail, supaya teman-taman faham dan bisa mengubah bilangan pecahan ke bilangan desimal atau sebaliknya.

Langkah -Langkah Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal

Untuk mengubah pecahan desimal bisa dilakukan dengan cara membagi pembilang pada pecahan dengan penyebut pada pecahan. Maka :
Keterangan :
a : Pembilang
b : Penyebut

Cara pembagian pada bilangan bisa dilakukan dengan cara bagi kurung. 

Contoh Soal :

Ubahlah 1/8 kedalam bentuk desimal !!!
Jawab :
a : 1
b : 8
Kemudian kita bagi 1 dengan 8, dengan cara bagi kurung :
jadi bentuk desimal dari 1/8 adalah 0,125

Langkah -Langkah Cara Mengubah Desimal Ke Pecahan

Untuk mengubah bentuk desimal ke dalam pecahan itu ada beberapa langkah diantaranya :
  1. Kalikan bilangan desimal dengan 100, kemudian jadikan bilangan desimal yang sudah dikalikan dengan 100 menjadi pembilang pecahan dengan penyebutnya bilangan 100
  2. Sederhanakanlah bilangan desimal yang sudah dijadikan pembilangan pada pecahan dengan penyebutnya bilangan 100 sesederhana mungkin.
Supaya teman-teman tidak bingung, saya akan menjelaskan langkahnya satu persatu.
  1. Kalikan bilangan desimal dengan 100, kemudian jadikan bilangan desimal yang sudah dikalikan dengan 100 menjadi pembilang pecahan dengan penyebutnya bilangan 100. Jadi pada langkah pertama ini kita harus menjadikan bilangan desimal yang akan kita ubah sebagai pembilang pecahan dan harus dikali 100 dahulu dengan penyebutnya adalah 100. Misalkan bilangan desimal tersebut adalah 0,50, maka kita harus kalikan dulu 0,50 dengan 100, maka :
    0,50 x 100 = 50
    Kemudian kita jadikan bilangan desimal yang telah dikali 100 tadi sebagai pembilang pecahan dengan penyebutnya adalah bilangan 100, maka :
    50/100
  2. Sederhanakanlah bilangan desimal yang sudah dijadikan pembilangan pada pecahan dengan penyebutnya bilangan 100 sesederhana mungkin. Nah untuk langkah yang terakhir ini kita hanya tinggal menyederhanakan bilangan desimal yang sudah menjadi bentuk pecahan sesederhana mungkin maka :
    50/100 = (50 : 50) / (100 : 50), (untuk menyederhanakannya kita bagi penyebut dan pembilang dengan bilangan 50), maka :
    50/100 = (50 : 50) / (100 : 50) = 1/2
    Jadi 0,50 setelah diubah kedalam bentuk pecahan adalah menjadi 1/2

Kesimpulan

Jadi untuk Cara Mengubah Pecahan Ke Desimal dan Sebaliknya ada cara atau pola berfikir atau bisa juga disebut langkah berfikir, sehingga kita melakukan pengubahannya secara sistematis.

Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada kesalahan
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇