Cara Menentukan Titik Kesetimbangan Pasar ~ Matematika Akuntansi -->

Wednesday, September 21, 2016

Cara Menentukan Titik Kesetimbangan Pasar

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Menentukan Titik Kesetimbangan Pasar, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Tawar menawar harga itu sudah biasa dalam kegiatan berbisnis. Ktika konsumen merasa harga terlalu tinggi maka besar kemungkianan akan terjadi penawaran. Namun penawaran akan suatu barang pun tidak bisa seenaknya dilakukan oleh para konsumen. Ktika konsumen menawar suatu barang maka disitu akan terjadi sebuah perdebatan untuk menentukan kesepakatan harga. Ktika kedua belah pihak sepakat akan harganya, maka akan terjadi titik kesetimbangan pasar. Tititk kesetimbangan pasar ini lah yang akan digunakan sebagai harga barang tersebut. 
Secara matematika, kesetimbangan pasar terjadi apabila ada kurva permintaan dan kurva penawaran berpotongan pada sebuah titik yang dinamakan titik kesetimbangan pasar.
Dalam bentuk grafik :
Titik Kesetimbangan Pasar
Menentukan titik kesetimbangan pasar dapat diperoleh dengan cara menyelesaikan sistem persamaan linier dua variabel x dan p.

Contoh :

Tentukan titik kesetimbangan pasar dari fungsi permintaan dan fungsi penawaran di bawah ini :
  • Fungsi permintaan : P = -2x + 600
    Fungsi Penawaran : P = 3x + 100
Jawab :
Untuk menentukan titik kesetimbangan pasar, kita harus mencari berapa variabel x dan p yang dimana bisa didapat dengan cara mencari variabel p dan x pada persamaan P = -2x + 600 dan persamaan P = 3x + 100 dengan cara persamaan linier. Maka :
Harga penawaran = Harga Permintaan 
3x + 100 = -2x + 600
3x + 2x = 600 - 100
5x = 500
5x/5 = 500/5
x = 100 
Kemudian kita substitusikan x = 100 ke dalam fungsi permintaan atau bisa juga fungsi penawaran, maka :
P = -2x + 600
P = -2(100) + 600
P = -200 + 600
P = 400 
Jadi titik kesetimbangan pasar terjadi pada saat harga Rp.400 dengan jumlah barangnya yang diminta atau ditawarkan sebanyak  100 Unit.
Catatan :
P : Harga Barang
x : Banyaknya Barang

Kesimpulan

Jadi untuk menentukan atau mencari titik kesetimbangan ialah bisa dengan cara persamaan linear dua variabel. 
Nah segini dulu ya artikel kali ini. Mohon Maaf apabila ada kesalahan
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇