Cara Mencari Titik Potong Dua Buah Garis Lurus ~ Matematika Akuntansi -->

Sunday, September 11, 2016

Cara Mencari Titik Potong Dua Buah Garis Lurus

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Cara Mencari Titik Potong Dua Buah Garis Lurus, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Ruang Navigasi Kapal
Manusia diciptakan oleh tuhan sebagai mahluk yang paling sempurna. Senjata yang membuat manusia layak dikatakan ciptaan tuhan paling sempurna adalah akal. Ktikal akal manusia diasah maka akal tersebut menjadi cerdas. Ktika kecerdasan manusia digunakan maka terciptalah suatu penemuan-penemuan baik itu berupa barang maupun nonbarang yang dapat mengubah kehidupan manusia menjadi lebih baik. Sebuah kapal merupakan ciptaan manusia yang sangat-sangat berpengaruh untuk kehidupan dunia. Dengan kapal manusia besa pergi menyebrangi sungai, laut , bahkan sekarang manusia sudah bisa menyebrangi samudra samudra besar dunia. Tentunya untuk menciptakan hal tersebut sangatlah banyak perjuangan. Sebuah kapal melaju menyebrangi lautan tentunya dengan melihat dan memperkirakan lalulintas yang akan disebrangi dengan bantuan navigasi. Dalam dasar ilmu navigasi kita harus mengetahui tentang titik koordinat persamaan garis. Nah kali ini saya akan berbagi ilmu tentang cara mencari titik potong dua buah garis lurus. Dalam mencari titik potong dua buah garis lurus memang bisa ditentukan begitu saja, jika titik potong sudah diketahui. Namun bagaimana jika titik potong tersebut belum di ketahui???? apa kalian akan mencari titik demi titik satu persatu? atau kalian akan menggunakan feeling kalian untuk mencari tiitk potong tersebut? Tentunya ada cara khusus untuk mencari titik potong tersebut, caranya adalah dengan menggunakan persamaan linear dua variable. Dan langkah langkahnya adalah sebagai berikut :
  1. Samakan nilai salah satu variable dari ke dua persamaan garis.
  2. Melakukan metode eliminasi
  3. Melakukan metode substisusi

1. Samakan nilai salah satu variable dari ke dua persamaan garis. 

Nah langkah pertama adalah kita samakan dahulu salah satu variable dari dua persamaan garis dengan cara mengalikannya dengan sebuah bilangan. Misalkan kita ambil contoh soal :
Perhatikan gambar di bawah ini :
Gambar 1
Dari gambar di atas tentukan titik potong dari gari x + y = 11 dengan x + 2y = 16!!!!!!!
Untuk penyelesaian langkah yang pertama ternyata sudah ada variable yang sama, maka kita tidak harus mengalikan kedua persamaan dengan sebuah bilangan. Jika kamu menemukan soal yang variablenya sama maka kalikan dahulu ya kedua buah persamaan tersebut! contoh misalkan di soal persamaannya adalah 2x + y = 11 dan x + 2y = 11, maka kita harus mengakilakan persamaan yang pertama dengan bilangan 1 dan persamaan 2 dengan bilangan 2 sehingga variable x persamaan pertama dan persamaan kedua sama.

2. Melakukan Metode Eliminasi

Nah pada langkah kedua kita gunakan metode eliminasi. Untuk contoh kita gunakan persamaan yang ada pada gambar satu, dan perlu diingat pada persamaan gambar 1 sudah ada variable yang sama, maka kita lakukan eliminasi pada persamaan yang tertera pada gambar 1. Nah metode eliminasi ini yaitu menghilangkan salah satu variable yang sama antara dua persamaan, caranya dengan mengurangi antara persamaan satu dengan prusahaan dua, atau bisa juga dengan menjumlahkanya jika ada variable yang sama namun salah satunya berinlai negative. Nah pada contoh soal gambar 1 di atas ternyata variable nya sama dan semuanya bernilai positif, maka kita tinggal menguranginya saja menjadi :
x +   y = 11
x + 2y = 16 -
-y = -5
y = 5

3. Melakukan Metode Substitusi

Metode substitusi ialah metode yang menggantikan varibel yang sudah di ketahui dengan nilai bilangannya. Nah pada cara terakhir ini kita akan mensubstitusikan variable yang sudah diketahui yaitu variable y = 5 ke salah satu persamaan, bisa persamaan pertama maupun persamaan ke-dua. Nah kita ambil saja sebagai contoh yaitu kita substitusikan ke persamaan yang pertama, maka :
x + y = 11, kemudian kita substitusikan variabel y = 5
x +5 = 11
x = 11- 5
x = 6

Maka kita sudah menemukan titik potongnya yaitu titik koordinat x = 6 dan titik koordinat y = 5. maka titik potong persamaan garis x + y = 11 dengan garis x + 2y = 16 adalah (5,6)

Kesimpulan

Jadi untuk mencari titik potong dua buah garis lurus itu bisa dengan menggunakan cara persamaan linear dua variable dengan langkah - langkah :
  1. Samakan nilai salah satu variable dari ke dua persamaan garis.
  2. Melakukan metode eliminasi
  3. Melakukan metode substisusi
Nah sekian dulu artikel kali ini. Mohon maaf apabila ada salah salah kata
Untuk menambah pemahaman baca juga artikel tentang :
Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇