Belajar Persamaan Dasar Akuntansi dengan Mudah ~ Matematika Akuntansi -->

Saturday, August 13, 2016

Belajar Persamaan Dasar Akuntansi dengan Mudah

Hy sobat para pengguna interneettttttt??? apa kabar kalian semua???
Perkenalkan nama gue Muahamad Pajar Sidik. Gue Lulusan sekolah ekonomi bisnis jurusan akuntansi. Hobi gue ya kya gnh ngebog dengan ikhlas :D. Gua pernah dapet nilai un tertinggi ke empat sih se sukabumi. Oh iyh btw gue tinggal di sukabumi. buat loe loe pada yang tinggal di sukabumi, klo mau knln ama gua pilih menu hubungi kami ajh ya :). Waktu sekolah gue termasuk anak baiklah dan gue suka ngajarin temen temen gue tentang pelajaran akuntansi.
Kali ini gue bakalan berbagi materi tentang Belajar Persamaan Dasar Akuntansi dengan Mudah. Kata temen temen gua si belajar dasar dasar akuntansi tuh sulit katanya. Tapi menurut gue kalo lu pengen nguasain ilmu tentang akunsi lu harus faham dulu tentang dasar dasar dari akuntansi. Disini gue bakalan berbagi materi yang pernah gue pelajarin dan gua ajarin ke temen temen gue waktu sekolah. yu kita belajar !!!!!

Persamaan dasar akuntansi atau kata guru gue namanya pak haji dedi samsri adalah PEDAKU, adalah sebuah prinsip dasar dalam akuntansi, atau rumus dasarnya akuntansi. Klo di matematika kan rumus dasarnya adalah ktika satu ditambah satu maka sama dengan 2. Nah dalam akuntansi pun ada rumus dasarnya. Dan rumus dasarnya adalah :
H = U + M
Dengan keterangan H adalah harta , U adalah utang, dan M adalah modal. 
Dulu gua pernah berfikir bahwa akuntansi itu susah guys, padahal nih sebenernya akuntansi tuh cuma seni pencatatan ajh. Karena dalam buat masalah perhitungan dalalm akuntansi itu menggunakan kalkulator guys.
Jada apa maksud dari H (harta) = U(utang) + M(modal)????
Maksudnya adalah harta itu terdiri dari seluruh hutang dan modal. 
Misal kita ambil contoh kita punya hutang 1000 dan punya modal 2000. maka berapa harta kita ???
harta kita adalah :
H = U + M
H = 1000 +  2000
H = 3000
Nah ini lah yang kita sebut sebagai persamaan dasar akuntansi.
Nah apa kalian ngerti ????
Pasti kalian ngga akan ngerti, karena gua pun ngerasain hal yang sama ktika pertama kali di kasih materi kya gini. Tapi di saat gua ngga ngerti gua ngga diem gua ngga kaya temen temen gua yang bisanya cuman dieum. Gua berfikir dan berfikir, dan alhasil gua masih ngga ngerti. dan suatu saat gua istirahat gua nemuin ide. Ide gua adalah bahwa kalo gua cuma berfikir gua cuma bakalan ngerasa pusing, tapi kalo gua baca buku di perpustakaan tentang hal kya gnh, pasti gua bakaln faham apa maksudnya. Nah setelah gua baca baca materinya gua lumayan faham guys. Nah bakaln gua jelasin kekalian.
Ternyata rumus H = U + M ini tuh cuma sekedar pencatatan guys, yang artinya apabila kita membeli sesuatu maka catatannya tuh harus sama antara kita mendapat barang dan kita mengeluarkan uang. Gua kasih contoh!
Misal gua bakalan buka usaha dagang petasan dengan modal 10.00 dan gua bakalan catet dagangan gua pake akuntansi. Misal gua beli petasan 5000 tanggal buat modal. Maka gimanan cara mencattanta ?
Caranya :
Misal pembilan petasan gua kasih nama pembelian barang dagang dan uang yang gua keluarin gua kasih nama kas. Maka Pencatatannya :
Awal modal gua :
H = U + M
10.000 = 10.000. harta gua ganti dengan 10.000 karena harta yang gua milikin itu kas senilai 10.000, modal gua ganti sama 10.000 udah jelas bahwa modal gua emang segitu, dan U gua ilangin karena gua ngga punya utang atau nilai utang gua adalah 0.
Lalu gua catat pas gua beli barang dagang :
10.000 = 10.000
10.000 - 5.000 + 5.000 = 10.000
10.000 = 10.000
nah hasilnya sama kan jika hasilnya sama maka pencatatn kita benar. Memang pencatatan kita benar akan tetapi apa maksud dari pencatatan tersebut ???? Ini bukti bahwa akuntansi itu bukan matematika, karena hal seperti di atas tuh bukan catatan akuntansi akan tetapi perhitungan matematika biasa. dan ini sebenernya catatan akuntansi yang sebenarnya :
Tanggal/Saldo
Ruas Kanan
Ruas Kiri
H (Harta)
U (Utang)
M (Modal)
Kas
Petasan
Saldo
Rp. 10.000,-
Rp. 0,-
Rp. 0,-
Rp. 10.000,-
1
-Rp. 5.000,-
Rp. 5.000,-
-
-
Saldo
Rp.5.000,-
Rp.5.000,-
Rp. 0,-
Rp. 10.000,-
Nah catatan inilah yang dinamakan dengan catatan persamaan dasar akuntansi. Lalu kenapa saya bisi menyebut ini dengan catat persamaan dasar akuntansi. Karena setiap pencatatan akuntansi itu tercatat secara rapih dan jelas. Rapih di sini adalah tercatat secara terstruktur dan jelas adalah jelas berapa kas kita berapa modal kita berapa utang kita dan berapa petasan atau barang dagang kita. 

Nah kesimpulannya ktika kita akan membuat persamaan dasar akuntansi kita harus menentukan dulu akan di catat sebagai apa uang kita, barang dagang kita, hutang kita dan yang lainnya atau biasa di sebut akunn dalam istilah akuntansi. Kemudian baru kita catat transaksi kita satu persatu.

Materi ini adalah materi sangat lah dasar dalam akuntansi, maka dari itu temen temen haru banyak banyak lagi belajar dan mencari materi lanjutannya. Nah buat materi lanjutannya bisa temen temen baca di link tentang Jurnal Akuntansi Kuangan. Dimana dalam jurnal akuntansi kita akan belajar tentang debet dan kredit yang biasanya bakalan bikin pusing buat para pemula :).

Nah sekian dulu dari gue ya temen temen, klo tmn tmn pengen tanya tanya ke gue, silahkan pilih menu hubungi kami di atas, tenang ajh gua orangnya baik ko ngga kya guru kalian :-D
Ouh iyh jangan lupa baca juga artikel :
Akhirul kata Wassalamualaikum Wr. Wb.

Jika ingin bertanya secara privat, Silahkan hubungi no 085709994443 dan untuk berkomentar silahkan klick link di bawah ini 👇